Pintar Pelajaran Pengertian Jari-Jari Atom Unsur Kimia, Elektron Valensi, Golongan, Periode

Pengertian Jari-jari Atom Unsur Kimia, Elektron Valensi, Golongan, Periode - Jari-jari atom yaitu jarak dari inti atom hingga kulit terluar. Bagi unsur-unsur yang segolongan, jari-jari atom makin ke bawah makin besar alasannya yaitu jumlah kulit yang dimiliki atom makin banyak, sehingga kulit terluar makin jauh dari inti atom.

Unsur-unsur yang seperiode mempunyai jumlah kulit yang sama. Akan tetapi, tidaklah berarti mereka mempunyai jari-jari atom yang sama pula. Semakin ke kanan letak unsur, proton dan elektron yang dimiliki makin banyak, sehingga tarik-menarik inti dengan elektron makin kuat. Akibatnya, elektron-elektron terluar tertarik lebih akrab ke arah inti. Jadi, bagi unsur-unsur yang seperiode, jari-jari atom makin ke kanan makin kecil.
jari atom yaitu jarak dari inti atom hingga kulit terluar Pintar Pelajaran Pengertian Jari-jari Atom Unsur Kimia, Elektron Valensi, Golongan, Periode
Gambar 1. Jari-jari atom unsur-unsur dalam satu golongan, dari atas ke bawah makin besar.
Dalam satu golongan, konfigurasi unsur-unsur satu golongan mempunyai jumlah elektron valensi sama dan jumlah kulit bertambah. Akibatnya, jarak elektron valensi dengan inti semakin jauh, sehingga jari-jari atom dalam satu golongan makin ke bawah makin besar.
jari atom yaitu jarak dari inti atom hingga kulit terluar Pintar Pelajaran Pengertian Jari-jari Atom Unsur Kimia, Elektron Valensi, Golongan, Periode
Gambar 2. Jari-jari atom unsur-unsur dalam satu periode, dari kiri ke kanan makin kecil
Makara sanggup disimpulkan:
  1. Dalam satu golongan, jari-jari atom bertambah besar dari atas ke bawah.
  2. Dalam satu periode, jari-jari atom makin kecil dari kiri ke kanan.
Penjelasan:

a. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, kulit atom bertambah (ingat jumlah kulit=nomor periode), sehingga jari-jari atom juga bertambah besar.
b. Dari kiri ke kanan, jumlah kulit tetap tetapi muatan inti (nomor atom) dan jumlah elektron pada kulit bertambah. Hal tersebut menyebabkan gaya tarik-menarik antara inti dengan kulit elektron semakin besar sehingga jari-jari atom makin kecil.

Tabel 1. Jari-jari Atom Beberapa Unsur (Ã…) [1]

Li
1,55
Be
1,12
B
0,98
C
0,77
N
0,75
O
0,74
F
0,72
Na
1,90
Mg
1,60
Al
1,43
Si
1,11
P
1,06
S
1,02
Cl
0,99
K
2,35
Ca
1,98
Ga
1,22
Ge
1,22
As
1,19
Se
1,16
Br
1,14
Rb
2,48
Sr
2,15
In
1,41
Sn
1,41
Sb
1,38
Te
1,35
I
1,33
Cs
2,67
Ba
2,21
Tl
1,75
Pb
1,75
Bi
1,46





Anda kini sudah mengetahui Jari-jari Atom. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Utami, B. A. N. Catur Saputro, L. Mahardiani, dan S. Yamtinah, Bakti Mulyani.2009. Kimia : Untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 250.

Referensi Lainnya :

[1] Setyawati, A. A. Kimia : Mengkaji Fenomena Alam Untuk Kelas X SMA/MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 186.

0 Response to "Pintar Pelajaran Pengertian Jari-Jari Atom Unsur Kimia, Elektron Valensi, Golongan, Periode"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel