Pintar Pelajaran Teori Aturan Triade Dobereiner, Sistem Periodik, Kelemahan

Teori Hukum Triade Dobereiner, Sistem Periodik, Kelemahan - Pada 1803, John Dalton mengumumkan teori atom. Menurut Dalton:
  1. semua zat terdiri atas atom yang tidak sanggup dibagi lagi;
  2. semua atom dalam suatu unsur mempunyai massa dan sifat yang sama;
  3. unsur yang berbeda mempunyai atom yang berbeda jenisnya dan berbeda massanya; dan
  4. atom tidak sanggup dihancurkan, tetapi susunannya sanggup berubah alasannya suatu reaksi kimia.
Berdasarkan teori atom tersebut, Dalton menciptakan daftar massa suatu atom. Pada 1828, Jons Jakob Berzelius membuatkan teori atom yang dikemukakan Dalton. Dengan diketahuinya massa suatu atom, unsur-unsur kimia mulai dikelompokkan berdasarkan massa atomnya.

Ilmuwan yang kali pertama mengelompokkan unsur kimia berdasarkan massa atom ialah Johann Dobereiner. Pada 1829, ia mengelompokkan unsur-unsur kimia ke dalam suatu kelompok yang terdiri atas 3 unsur yang sifatnya sama (Triad). Jika unsur-unsur dalam satu triade tersebut disusun berdasarkan kenaikan massa atom-atomnya, ternyata massa atom maupun sifat-sifat unsur yang kedua merupakan rata-rata dari massa atom unsur pertama dan ketiga.

Penemuan ini memperlihatkan adanya korelasi antara massa atom dengan sifat-sifat unsur. [1] Dobereiner menamakan pengelompokan unsurnya dengan nama Triade. Kelompok unsur-unsur tersebut, yaitu: litium, natrium, dan kalium; kalsium, stronsium, dan barium; belerang, selenium, dan tellurium; klorin, bromin, dan iodin. 

Tabel 1. Contoh Pengelompokan Sifat Unsur Berdasarkan Triade Dobereiner [1]

Triade
A r
Rata-rata Ar Unsur Pertama dan Ketiga
Wujud
Klorin Bromin Iodin
35,5
79,9
127
(35,5  + 127) / 2 = 81,2
Gas
Cair
Padat

Tabel 2. Daftar Unsur Triade Dobereiner [1]

Triade 1
Triade 2
Triade 3
Triade 4
Triade 5
Li
Ca
S
Cl
Mn
Na
Sr
Se
Br
Cr
K
Ba
Te
I
Fe
Sumber : Brown & Le May, 1977

Benarkah pernyataan yang dikemukakan Dobereiner? Untuk membuktikannya, ujilah teori Triade Dobereiner tersebut memakai tabel massa atom berikut.

Tabel 3. Massa Atom Beberapa Unsur

No
Unsur
Massa Atom
1
Litium
7
2
Natrium
23
3
Kalium
39
4
Kalsium
40
5
Stronsium
88
6
Barium
137
7
Klorin
35
8
Bromin
80
9
Iodin
127
10
Belerang
32
11
Selenium
79
12
Tellurium
128
Sumber: www. elementmultidict.com


Sistem triad ini ternyata ada kelemahannya. Sistem ini kurang efisien alasannya ternyata ada beberapa unsur lain yang tidak termasuk dalam satu triad, tetapi mempunyai sifat-sifat seolah-olah dengan triad tersebut, [1] atau pada kenyataan bahwa jumlah unsur yang mempunyai kemiripan sifat tidak hanya 3 buah. [2]

Anda kini sudah mengetahui Triade Dobereiner, dan Kelemahan Triade Dobereiner. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rahayu, I. 2009. Mudah Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.

Referensi Lainnya :

[1] Utami, B. A. N. Catur Saputro, L. Mahardiani, dan S. Yamtinah, Bakti Mulyani.2009. Kimia : Untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 250.

[2] Setyawati, A. A. Kimia : Mengkaji Fenomena Alam Untuk Kelas X SMA/MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 186.

0 Response to "Pintar Pelajaran Teori Aturan Triade Dobereiner, Sistem Periodik, Kelemahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel