Pintar Pelajaran Manfaat Teh Untuk Kesehatan

Manfaat Teh untuk Kesehatan - Selain yummy dan menghangatkan tubuh teh hijau sudah usang dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Salah satu penelitian memperlihatkan bahwa, minuman ini mengandung polifenol berjulukan katekin yang bersifat antioksidan, senyawa ini juga bersifat sebagai anti kanker.

Selain itu, berdasarkan mayo clinic, beberapa jenis teh tertentu menyerupai teh hijau juga mempunyai manfaat bagi kesehatan jantung manusia. Teh hijau ialah jenis teh yang paling banyak diteliti lantaran mempunyai kandungan katein yang paling tinggi bila dibandingkan dengan jenis teh lainnya.

Akan tetapi, penelitian lebih mendalam perlu dilakukan untuk memastikan apakah hanya dengan minum teh saja sudah bisa untuk mengatasi aneka macam macam penyakit.
 Selain yummy dan menghangatkan tubuh teh hijau sudah usang dikenal mempunyai banyak manfaat  Pintar Pelajaran Manfaat Teh untuk Kesehatan
Teh (Foto: thinkstock)
Menurut Dr. David Katz, administrator di Prevention Research Center, Yale University, teh mempunyai potensi yang sangat menjanjikan, akan tetapi kami belum pernah menemukan adanya percobaan secara medis pada insan yang memperlihatkan bahwa mengkonsumsi teh secara rutin sanggup menciptakan kondisi kesehatan seseorang menjadi lebih baik.”

Akan tetapi fakta tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa teh mempunyai potensi dalam hal meningkatkan kesehatan, bahkan sampai manfaat terpendam dari teh sebagai penangkal penyakit mematikan menyerupai kanker.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat teh yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya, dilansir dari huffingtonpost, Rabu (29/8/2012) :

1. Memperkuat imunitas/sistem kekebalan tubuh

Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Linus Pauling Institute, Oregon State University, teh, khususnya teh hijau, sanggup mendorong pertambahan jumlah sel T regulator di dalam tubuh yang mempunyai peranan penting bagi sistem imunitas tubuh. Hal ini disebabkan lantaran teh hijau mengandung salah satu jenis polifenol, yaitu EGCG (epigallocatechin gallate).

"Teh bisa menawarkan cara yang gampang dan dalam membantu mengendalikan duduk masalah autoimun serta bisa menekan aneka macam jenis penyakit", berdasarkan peneliti Emily Ho. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Immunology Letters.

2. Hidrasi

Apabila anda mengalami kehausan, teh sanggup memberi Anda hidrasi, walaupun minuman ini juga mengandung kafein. Hal ini dungkapkan pada sebuah ulasan  di European Journal of Clinical Nutrition tahun 2006.

"Beberapa penelitian mengenai kafein, telah memperlihatkan bahwa konsumsi kafein pada takaran yang tinggi sanggup menyebabkan dehidrasi, sehingga kebanyakan orang berasumsi bahwa minuman yang mengandung kafein niscaya menyebabkan dehidrasi. Padahal, hal yang bantu-membantu terjadi ialah saat anda minum teh atau kopi dalam jumlah yang cukup banyak, tubuh anda akan tetap mendapat sejumlah asupan cairan," kata peneliti Carrie Ruxton dari Kings College London.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition, konsumsi 3 gelas teh atau lebih dalam satu hari mempunyai kaitan dengan penururunan risiko terjangkit penyakit jantung koroner. Hal ini diduga lantaran teh mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center juga menemukan  bahwa teh hijau dan teh hitam mempunyai manfaat untuk mencegah aterosklerosis (radang pada pembuluh darah).

4. Menyusutkan tumor

Menurut hasil penelitian tim peneliti dari Skotlandia, teh hijau mengandung senyawa flavonoid berupa EGCG yang sanggup menyusutkan volume tumor.

"Ekstrak teh hijau sanggup mengurangi ukuran aneka macam jenis tumor tiap harinya, bahkan pada beberapa masalah senyawa ini sanggup menghilangkan tumor secara menyeluruh," kata peneliti Dr. Christine Dufes dari Strathclyde Institute of Pharmacy and Biomedical Sciences.

5. Memiliki potensi sebagai obat kanker prostat

Peneliti dari University of Missouri menemukan bahwa, kombinasi antara teh hijau dan partikel emas mempunyai kemampuan untuk melawan sel-sel tumor kanker prostat. PAda penelitian ini senyawa teh hijau mempunyai tugas sebagai pembawa nanopartikel emas radioaktif ke dalam tubuh. Paartikel emas itulah yang kemudian akan membunuh sel-sel kanker.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini memperlihatkan bahwa, metode tersebut sanggup mengurangi ukuran tumor sampai mencapai 80 persen pada tikus percobaan.

6. Menjaga fungsi dan kesehatan organ pada lansia

Para andal dari Tohoku University School of Medicine, telah melaksanakan penelitian yang menemukan bahwa teh hijau mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan di hari tua. Penelitian ini melibatkan 14 ribu responden dengan usia 65 tahun ke atas yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi teh hijau pada kurun waktu 3 tahun terakhir.

Melalui pengamatan, para peneliti menyimpulkan bahwa orang lansia yang mengkonsumsi teh hijau secara rutin lebih gampang menjalani hari-harinya. Mereka pada umumnya mempunyai fungsi tubuh yang masih baik sehingga masih bisa untuk menjalankan aneka macam macam acara dasar menyerupai mandi dan berganti pakaian.

Penelitian ini diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition

7. Menurunkan tekanan darah

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Archives of Internal Medicine, dengan mengkonsumsi teh hitam secara rutin sanggup menurunkan tekanan darah.

Hal tersebut disimpulkan pada sebuah pengamatan yang dilakukan oleh dua kelompok partisipan, satu kelompok minum teh hitam, sedangkan kelompok lainnya mengkonsumsi minuman non-teh yang mempunyai kandungan kafein dan rasa yang sama dengan teh sebanyak 3 kali sehari selama 6 bulan. Hasilnya memperlihatkan bahwa, partisipan yang mengkonsumsi teh hitam mempunyai tekanan darah yang jauh lebih rendah, meskipun bagi penderita hipertensi teh hitam tidak begitu menawarkan efek yang signifikan.

"Pengaruh dari teh hitam ini tidak akan sanggup dirasakan apabila anda juga mengkonsumsi obat-obatan penurun tekanan darah lainnya," kata Dr. Joseph Vita dari Boston University School of Medicine.

8. Membantu menurunkan berat badan

Teh hijau sanggup membantu untuk menurunkan berat tubuh bagi anda yang mengalami obesitas. Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Nutrition, para peneliti menemukan bahwa dengan mengkonsumsi lima gelas teh hijau sehari sanggup membantu untuk menurunkan kadar lemak yang ada di perut.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Teh untuk Kesehatan. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Sumber : detikHealth (Rabu, 29/08/2012 06:54 WIB)

0 Response to "Pintar Pelajaran Manfaat Teh Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel