Pintar Pelajaran Manfaat Teh Hijau Untuk Mencegah Risiko Flu

Manfaat Teh Hijau untuk Mencegah Risiko Flu - Penelitian yang baru–baru ini dilakukan telah memperlihatkan bahwa dengan mengkonsumsi 2 cangkir teh hijau tiap harinya, sanggup menurunkan risiko terjangkit penyakit influenza sampai sebesar 70 %>

Menurut peneliti dari Jepang Hiroshi Yamada, MD, Ph.D,dua senyawa pada teh hijau yang bisa mengurangi risiko seseorang untuk terkena flu ialah catechin dan theanine. Dua senyawa ini merupakan antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun / kekebalan badan untuk melawan penyakit.

Penelitian ini melibatkan partisipan yang diharuskan untuk meminum pil yang mengandung 210 mg theanine (setara dengan empat cangkir teh hijau) dan 378 mg catechin (setara dengan 2 cangkir teh hijau) setiap harinya selama kurun waktu 5 bulan. Hasilnya, ternyata hanya 4% dari partisipan yang mengalami penurunan risiko terjangkit influenza.
Manfaat Teh Hijau untuk Mencegah Risiko Flu Pintar Pelajaran Manfaat Teh Hijau untuk Mencegah Risiko Flu
Teh hijau (Foto: Thinkstock)
Perbedaan yang signifikan terjadi pada ketika para partisipan diminta untuk meminum 2 cangkir teh hijau secara pribadi tiap harinya. Hasilnya sangat berbeda jauh, dan para partisipan mengalami penurunan risiko terjangkit influenza sampai sebesar 70 %.

Menurut Dr. Yamada, “Catechin daiykaini sanggup menghambat perkembangan virus influenza, sedangkan theanine mempunyai kemampuan untuk meningkatkan daya tahan badan / imunitas.”

Beberapa hal yang perlu diperhatikan semoga konsumsi 2 cangkir teh hijau sanggup memperlihatkan manfaat yang optimal :
  1. Teh hijau yang diseduh pribadi dari rebusan daun jauh lebih baik kalau dibandingkan dengan teh hijau yang sudah berada dalam kantung kemasan. Menurut para ahli, kandungan catechin dan theanine pada teh hijau yang diseduh pribadi dari daun lebih tinggi kalau dibandingkan dengan teh hijau yang sudah dalam bentuk kemasan.
  2. Sebaiknya daun teh hijau diseduh dengan air yang panas dan pada waktu yang lama. Daun teh hijau yang diseduh pada suhu air 100ºC dan waktu yang lam sanggup meningkatkan kadar catechin pada air seduhan.
  3. Sebaiknya jangan mengganti teh hijau dengan teh jenis lainnya. Pada teh hijau Senyawa catechin dan theanine mempunyai kadar yang paling tinggi kalau dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Akan tetapi beberapa jenis teh yang hampir mendekati kadar catechin dan theanin teh hijau juga sanggup dipakai sebagai alternatif untuk mengganti teh hijau, ibarat  teh putih dan teh oolong
Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, teh hijau banyak mengandung senyawa catechin yang berfungsi sebagai antioksidan dan sangat berkhasiat untuk melawan banyak sekali macam penyakit. Teh hijau juga kaya akan kandungan vitamin ibarat vitamin  A, B1, B12, C, E dan K. Selain itu teh hijau juga kaya akan mineral mineral ibarat kalsium, besi, seng dan lain-lain. Beberapa kandungan senyawa alami lainnya yang terdapat pada teh hijau ialah asam gallic, minyak atsiri, karoten, serat terlarut dan karbohidrat dalam jumlah yang kecil.
Anda kini sudah mengetahui Manfaat Teh Hijau untuk Mencegah Risiko Flu. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Sumber : detikHealth (Senin, 07/03/2011 08:01 WIB)

0 Response to "Pintar Pelajaran Manfaat Teh Hijau Untuk Mencegah Risiko Flu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel