Pintar Pelajaran Efek Teh Hijau Terhadap Kanker Payudara

Efek Teh Hijau Terhadap Kanker Payudara - Selama ini teh hijau dikenal mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), dimana senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang berpengaruh dan bisa menghancurkan sel-sel kanker. Akan tetapi sebuah penelitian memperlihatkan bahwa, teh hijau ternyata tidak mempunyai imbas yang signifikan terhadap kanker payudara.

Penelitian ini dilakukan pada periode tahun 1995-1998, sebanyak 53.793 wanita dilibatkan di dalam penelitian ini. Para partisipan mengkonsumsi teh hijau jenis Sencha dan Bancha/Genmaicha secara rutin pada kurun waktu tersebut, 12 persen dari total partisipan mengkonsumsi kurang dari secangkir tiap harinya, sedangkan 27 persen mengkonsumsi lebih dari 10 cangkir tiap harinya.

Pengamatan selama 14 tahun berikutnya memperlihatkan bahwa, 350 wanita mengalami kanker payudara. Peneliti tidak bisa menemukan relasi yang berpengaruh antara kebiasaan minum teh hijau dengan penurunan risiko kanker payudara.
 Selama ini teh hijau dikenal mengandung epigallocatechin gallate  Pintar Pelajaran Efek Teh Hijau Terhadap Kanker Payudara
Ketika membandingkannya dengan kebiasaan minum teh hijau, peneliti gagal menemukan relasi yang berpengaruh dengan risiko kanker payudara. (Foto: Thinkstock)
Menurut Dr Motoki Iwasaki dari Research Center for Cancer Prevention and Screening of the National Cancer Center di Tokyo, “kebiasaan mengkonsumsi teh hijau ternyata tidak sanggup mengurangi risiko terjadinya kanker payudara.”

Hasil dari penelitian ini sanggup dibilang cukup mengejutkan, sebab dikala ini orang-orang sudah mulai beralih ke obat-obatan herbal ibarat teh hijau untuk melawan kanker, bahkan di Amerika Serikat, teh hijau sudah menjadi sangat terkenal dan menarik perhatian para pemerhati kesehatan di sana.

“Merupakan hal yang sulit dipercaya bahwa teh hijau tidak sanggup menawarkan manfaat, ada kemungkinan hal itu benar namun hanya khusus untuk kanker payudara dan bukan jenis kanker lainnya,“ kata Dr Stephanie Bernik, dokter bedah kanker dari Lenox Hill Hospital di New York.

Di sisi lain, Jennifer J Hu dari University of Miami tidak menawarkan evaluasi yang berlebihan terhadap manfaat dari teh hijau, dia tidak membantah hasil penelitian tersebut.

“Ada kemungkinan dengan minum teh hijau sanggup membantu untuk mencegah kanker, namun hal itu saja tidaklah cukup,” kata prof Hu.

Waluupun teh hijau tidak sanggup menghambat kanker payudara, namun khasiat teh hijau lainnya sudah banyak ditemukan. Pada sebuah penelitian yang dilaporkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, teh hijau mengandung banyak catechin yang berfungsi sebagai antioksidan dan sangat mempunyai kegunaan untuk melawan aneka macam macam penyakit.

Selain itu teh hijau kaya akan kandungan vitamin A, B1, B12, C, E dan K, serta mineral-mineral seperti; besi, seng, kalsium, dan lain-lain.

Beberapa senyawa alami lainnya yang juga terkandung pada teh hijau ialah minyak atsiri, karoten, asam gallic, serat terlarut dan karbohidrat dalam jumlah yang kecil.

Berikut ialah beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan :
  1. Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan menjaga tekanan darah.
  2. Dapat membantu menyembuhakn penyakit influenza.
  3. Meningkatkan sistem imun / kekebalan tubuh, sehingga orang akan lebih resisten/tahan terhadap penyakit.
  4. Berfungsi sebagai anti-bakteri, khususnya, kuman yang menjadikan plak pada gigi dan mengakibatkan kerusakan pada gigi.
  5. Banyak mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), dimana senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang berpengaruh dan bisa menghancurkan sel-sel kanker.
  6. Mampu mencegah penyakit yang berafiliasi dengan sistem kardiovaskular ibarat penyumbatan arteri da serangan jantung.
  7. Teh hijau sanggup merelaksasi syaraf dan membantu menurunkan stres, selain itu teh hijau juga sanggup menurunkan risiko terjadinya penyakit kognitif ibarat amnesia dan demensia.
  8. Teh hijau juga bermanfaat untuk menetralisir gejala-gejala menopause ibarat gangguan tidur dan perubahan mood / suasana hati.
  9. Mencerahkan kulit, menghambat proses penuaan, serta bisa menyehatkan rambut.
Anda kini sudah mengetahui Efek Teh Hijau Terhadap Kanker Payudara. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Sumber : detikHealth (Minggu, 14/11/2010 10:33 WIB)

0 Response to "Pintar Pelajaran Efek Teh Hijau Terhadap Kanker Payudara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel