Pintar Pelajaran Apa Saja Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Apa Saja Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan - Berdasarkan dari banyak sekali penelitian yang telah dilakukan terhadap manfaat dari  teh hijau, sudah terbukti bahwa teh hijau mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Konsumsi teh hijau secara rutin sanggup memperlihatkan efek yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut ialah beberapa manfaat dari mengkonsumsi teh hijau secara rutin :
Apa Saja Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Pintar Pelajaran Apa Saja Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan
Teh hijau (Foto: Thinkstock)
1. Menyehatkan verbal dan gigi

Senyawa yang terkandung pada teh hijau seperti, polifenol, katekin dan fluoride alami bersifat anti-bakteri terhadap basil yang menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, plak, dan penyakit gusi. Pada sebuah penelitian yang telah diterbitkan di European Journal of Nutrition, menemukan bahwa, konsumsi secangkir teh hijau secara rutin tiap harinya sanggup menurunkan risiko kerusakan gigi

2. Menyehatkan tulang

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ping Chung Leung dan rekan-rekannya dari Institute of Chinese Medicine di Chinese University of Hong Kong dan telah dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry, memperlihatkan bahwa, epigallocatechin (EGC) pada teh hijau bisa menstimulasi enzim utama yang membantu proses pertumbuhan tulang sampai 79 persen. Semakin tinggi kadar EGC, maka kadar mineralisasi tulang akan semakin meningkat sehingga bisa menciptakan tulang menjadi lebih kuat. Selain itu EGC juga bisa melemahkan acara osteoclast, dimana acara tersebut sanggup mnghambat peresapan kalsium oleh tulang. Zat ini juga tidak bersifat toksik (beracun) terhadap sel-sel tulang.

3. Menurunkan Berat badan

Kandungan katekin yang ada pada teh hijau bisa meningkatkan thermogenesis (produksi panas si dalam tubuh), peningkatan panas ini bekerjasama bersahabat dengan pembakaran kalori. Pada sebuah penelitian, partisipan yang meminum teh hijau sebanyak 4 cangkir tiap harinya, mengalami peningkatan oksidasi lemak sebesar 12 % dan terjadi pembakaran kalori rata-rata sebesar 67 kalori tiap harinya. Teh hijau terbukti bermanfaat untuk menurunkan berat tubuh dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Mencegah Kanker

Pada beberapa penelitian yang telah dilakukan senyawa pada teh hijau telah terbukti bisa menurunkan risiko terjadinya kanker ataupun menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, ibarat kanker pankreas, prostat, kolorektal, paru-paru, kandung kemih dan esofagus. Senyawa katekin pada teh hijau bisa mencegah terjadinya mutasi sel, menonaktifkan karsinogen jenis tertentu dan mengurangi serta menghambat pertumbuhan tumor.

5. Menjaga kesehatan jantung

Pada penelitian yang dipublikasikan di Harvard, telah memperlihatkan bahwa konsumsi teh hijau miimal satu cangkir tiap harinya sanggup menurunkan risiko terkena serangan jantung sebesar 44 %.

Anda kini sudah mengetahui Apa Saja Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Sumber : detikFood (Kamis, 16/08/2012 10:57 WIB)

0 Response to "Pintar Pelajaran Apa Saja Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel