Pintar Pelajaran Sistem Saraf Pada Cacing Pipih Planaria

Sistem Saraf pada Cacing Pipih Planaria - Susunan sistem saraf pada cacing berupa sistem tangga tali. Planaria, yang termasuk golongan cacing pipih mempunyai sistem saraf sentra dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat Planaria terdapat pada otak disebut juga ganglion anterior. Otak ini berukuran kecil. Sistem saraf tepi cacing berupa dua saluran yang menuju ke arah posterior, masing-masing saraf tersebut berada di tempat lateral badan cacing, keduanya dihubungkan oleh saraf penghubung. Saraf yang juga tersusun simetri bilateral ini digunakan untuk merespon cahaya. Apabila cacing pipih terkena sinar, otak akan memerintahkan cacing bergerak ke tempat gelap, misalnya di bab bawah batu. Perhatikan Gambar 1. (Baca juga : Sistem Koordinasi pada Hewan)
Susunan sistem saraf pada cacing berupa sistem tangga Pintar Pelajaran Sistem Saraf pada Cacing Pipih Planaria
Gambar 1. Sistem saraf Planaria (a) dan lintah (b)
Berbeda dengan Planaria, Annelida (misalnya lintah) mempunyai jumlah neuron yang lebih banyak di bab otak. Saraf yang terdapat di sepanjang tubuhnya merupakan saraf ventral yang tersusun atas beberapa ganglion. Di dalam ganglion terdapat interneuron yang mengoordinasi banyak sekali agresi pada setiap segmen.

Anda kini sudah mengetahui Sistem Saraf pada Cacing. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

0 Response to "Pintar Pelajaran Sistem Saraf Pada Cacing Pipih Planaria"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel