Pintar Pelajaran Indera Penciuman Pada Insan (Hidung) : Struktur Fungsi Bagian

Indera Penciuman pada Manusia (Hidung) : Struktur Fungsi Bagian - Kita sanggup mencicipi masakan dengan mengecap menggunakan lidah. Namun, organ penciuman berupa hidung berperan sangat mayoritas dalam memilih selera makan kita. Apabila Anda sakit pilek atau demam, Anda tidak sanggup mencium aroma yummy masakan. Keadaan ini menyebabkan Anda makan tanpa selera. (Baca juga : Sistem Indera)

Selain aroma makanan, hidung juga sanggup mencium bau wangi dan anyir tak sedap ibarat sampah. Hidung juga mampu mencium anyir yang berasal dari alam contohnya anyir tanah yang terkena air hujan, anyir rumput yang dipotong, dan sebagainya. Perhatikan Gambar 1. untuk mengetahui bagian-bagian indra penciuman.
Kita sanggup mencicipi masakan dengan mengecap memakai Pintar Pelajaran Indera Penciuman pada Manusia (Hidung) : Struktur Fungsi Bagian
Gambar 1. Reseptor pada indera penciuman
Rangsang yang diterima indra penciuman tersebut berupa bau. Bau merupakan molekul materi kimia yang menguap dan melayang di udara. Mekanisme kerja indra penciuman sebagai berikut.

Rangsang (bau) → Lubang hidung → Epitelium olfaktori → Mukosa olfaktori → Saraf olfaktori → Talamus → Hipotalamus → Otak kawasan olfaktori Hipotalamus Talamus (korteks serebrum)

Anda kini sudah mengetahui Indera Penciuman. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

0 Response to "Pintar Pelajaran Indera Penciuman Pada Insan (Hidung) : Struktur Fungsi Bagian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel