Pintar Pelajaran Sistem Indera Pada Manusia

Sistem Indera pada Manusia - Apa yang Anda lihat, dengar, dan rasakan ketika Anda bersama keluarga ke kawasan pegunungan? Kita sanggup melihat hijaunya pohon dan bunga yang beraneka ragam. Suara kicau burung, gemercik air sungai, bahkan desiran angin pun kadang ikut terdengar. Dinginnya udara menciptakan rambut di kulit berdiri, sehingga memaksa Anda untuk menghangatkan badan dengan mengenakan jaket.  Di kawasan pegunungan tersebut, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan alam ciptaan-Nya. Namun, Anda juga dapat menikmati sajian yang banyak ditawarkan oleh penduduk setempat, contohnya jagung bakar. Bau jagung bakar kadang membuat Anda tidak kuasa menahan air liur dan berhasrat untuk segera memakannya.

Hal ini alasannya yakni Anda mempunyai indra yang sempurna. Tidak semua manusia sanggup mencicipi hal yang sama, mungkin alasannya yakni terjadi kerusakan atau kelainan pada alat indranya.Alat badan sanggup menangkap rangsang alasannya yakni mempunyai ujung saraf sensorik tertentu disebut indra. Penerima rangsang pada indra sangat spesifik terhadap macamnya rangsang. Penerima rangsang tersebut antara lain:

1. eksteroseptor yakni peserta rangsang dari luar,
2. interoseptor adalah penerima rangsang dari dalam tubuh,
3. proprioseptor yakni peserta rangsang yang berada dalam otot.

Ada 5 macam alat indra pada badan manusia, yaitu indra penglihatan, indra pendengaran, indera peraba dan perasa, indera penciuman, dan indera pengecap. Berikut ini akan dibahas secara rinci alat indra tersebut satu persatu.






Anda kini sudah mengetahui Sistem Indera. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Purnomo, Sudjiono, T. Joko, dan S. Hadisusanto. 2009. Biologi Kelas XI untuk Sekolah Menengan Atas dan MA. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 386.

0 Response to "Pintar Pelajaran Sistem Indera Pada Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel