Pintar Pelajaran Keypad Generasi Baru, Materi Bakunya Dari Kertas

Keypad Generasi Baru, Bahan Bakunya Dari Kertas - Perangkat elektronik berbasis kertas sangat bagus, simpel dan keren, tetapi di mana tombolnya? Hal itu yaitu permasalahan yang dihadapi para insinyur semenjak mereka pertama kali membuat baterai yang ultra tipis dan sel surya dengan menempatkan lapisan logam berukuran nano, karbon nanotube, atau sel fotovoltaik ke kertas. Sekarang tim yang dipimpin oleh seorang insinyur mekanik telah berbagi keypad berbasis kertas yang memungkinkan untuk dipakai di masa depan.

Awalnya para peneliti melapisi kertas dengan lapisan aluminium tipis yang biasa dipakai dalam sampul buku. Mereka lalu mengukir 10 tombol pada logam tersebut dengan pemotong laser. Hal tersebut membuat ruang kosong pada kawasan konduktif di seluruh bab logam. 

Terakhir, mereka melekatkan perangkat tersebut ke kertas karton yang dilengkapi dengan alarm. Dengan menyentuh garis di setiap tombol akan menghilangkan ruang kosong  pada logam  dan akan mengubah muatan listrik. Perubahan muatan listrik tersebut lalu akan mematikan atau menghidupkan alarm.
Perangkat elektronik berbasis kertas sangat manis Pintar Pelajaran Keypad Generasi Baru, Bahan Bakunya Dari Kertas
Perangkat elektronik dari kertas (Foto: Aaron Mazzeo and William Kalb).
Para peneliti akan melaporkan penelitian mereka pada edisi mendatang di jurnal Advanced Materials. Perangkat yang mereka buat ini menghabiskan dana sekitar $ 50, tetapi mereka percaya bahwa mereka sanggup memotong harga pembuatan alat tersebut. 

Perangkat tersebut nantinya diperlukan akan mendorong adanya peralatan elektronik generasi gres yang murah dan sekali pakai. Hal tersebut sanggup diaplikasikan pada chip sekali pakai yang dipakai untuk mendiagnosis malaria dan HIV untuk negara berkembang.

Referensi jurnal :

Aaron D. Mazzeo, William B. Kalb, Lawrence Chan, Matthew G. Killian, Jean-Francis Bloch, Brian A. Mazzeo, George M. Whitesides. Paper-Based, Capacitive Touch Pads. DOI: 10.1002/adma.201200137.

Artikel ini merupakan terjemahan dari materi yang disediakan oleh Science Mag. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

0 Response to "Pintar Pelajaran Keypad Generasi Baru, Materi Bakunya Dari Kertas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel