Pintar Pelajaran Manfaat Teh Hijau Untuk Mencegah Osteoporosis

Manfaat Teh Hijau untuk Mencegah Osteoporosis - Selama ini banyak orang beranggapan bahwa teh hijau hanya mempunyai manfaat sebagai antioksidan dan untuk diet, namun ketika ini ada penelitian gres yang telah menemukan manfaat gres dari teh hijau. Para peneliti di Hongkong menemukan bahwa teh hijau ternyata juga bermanfaat untuk mencegah penyakit osteoprosis serta penyakit tulang lainnya.

Dr. Ping Chung Leung dan rekan-rekannya dari Institute of Chinese Medicine di Chinese University of Hong Kong mengkultur mengkultur sel osteoblast dari tikus dan mengujinya dengan tiga zat katekin; epigallocatechin (EGC), gallocatechin (GC) dan gallocatechin gallate (GCG) yang merupakan komponen utama dari teh hijau.

Penelitian ini telah dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.
Teh hijau ternyata juga mempunyai kegunaan untuk mencegah osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. (Foto: Thinkstock)
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa, epigallocatechin (EGC) yang merupakan salah satu zat katekin, bisa menstimulasi enzim utama yang membantu proses pertumbuhan tulang sampai 79 persen. Semakin tinggi kadar EGC, maka kadar mineralisasi tulang akan semakin meningkat sehingga bisa menciptakan tulang menjadi lebih kuat. Selain itu EGC juga bisa melemahkan acara osteoclast, dimana acara tersebut sanggup mnghambat absorpsi kalsium oleh tulang. Zat ini juga tidak bersifat toksik (beracun) terhadap sel-sel tulang.

“Senyawa katekin, terutama epigallocatechin (EGC), memperlihatkan imbas yang positif terhadap metabolisme tulang, hal ini bekerjasama dengan imbas EGC yang bisa meningkatkan acara osteoblast dan menghambat acara osteoclast. Hal inilah yang menjadi faktor dalam pencegahan osteoprorsis,” kata Dr. Ping Chung Leung.

Teh hijau layak dijadikan pilihan sebagai minuman yang sanggup dikonsumsi secara teratur, alasannya ialah selain mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker, teh hijau juga mengandung senyawa katekin berupa epigallocatechin (EGC) yang sanggup memperlihatkan manfaat terhadap pencegahan osteoprosis. Bagi anda yang tidak suka minum atau alergi terhadap susu, minuman ini juga sanggup dipertimbangkan sebagai penggantinya.

Anda kini sudah mengetahui Manfaat Teh Hijau untuk Mencegah Osteoporosis. Terima kasih sudah berkunjung ke Perpustakan Cyber.

Sumber : detikWolipop (Rabu, 12/01/2011 18:16 WIB)

0 Response to "Pintar Pelajaran Manfaat Teh Hijau Untuk Mencegah Osteoporosis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel