Pintar Pelajaran Protista Yang Seolah-Olah / Mirip Tumbuhan (Algae)

Klasifikasi Protista yang Mirip / Menyerupai Tumbuhan (Algae) - Apabila di sekitar kalian terdapat kolam, coba amati airnya. Jika berwarna hijau, kemungkinan besar air bak tersebut banyak mengandung ganggang atau algae. Dalam bahasa ilmiah, ganggang disebut algae (tunggal = alga). Struktur sel ganggang mempunyai dinding sel dan kloroplas. Karakter tersebut dimiliki pula oleh tumbuhan tingkat tinggi, sehingga dikatakan bahwa ganggang merupakan Protista yang mirip tumbuhan. (Baca juga : Klasifikasi Protista)

Ganggang merupakan organisme yang bersifat uniseluler atau multiseluler. Bentuk tubuhnya berupa sel tunggal, filamen, lembaran, dan ada juga yang mirip tumbuhan tingkat tinggi. Ganggang hidup secara soliter (sendiri) maupun berkoloni. Struktur badan ganggang sangat sederhana, tidak sanggup dibedakan antara akar, batang, dan daun sehingga disebut tumbuhan talus. Struktur badan yang masih berupa thalus menyebabkan ganggang dikelompokkan juga dalam Filum Thallophyta.

Ganggang sanggup bereproduksi secara vegetatif (aseksual) dan secara generatif (seksual). Secara vegetatif, reproduksi ganggang dilakukan dengan cara pembelahan biner, fragmentasi, atau pembentukan zoospora. Secara generatif dengan cara konjugasi dan peleburan antara sel kelamin jantan dan betina. Berdasarkan pigmen (zat warna) yang secara umum dikuasai pada tubuhnya, ganggang sanggup dibedakan menjadi 6 Filum, ialah Filum Pyrhophyta (ganggang api), Filum Euglenophyta, Filum Phaeophyta (gangang coklat), Filum Chrysophyta (ganggang keemasan), Filum Rhodophyta (ganggang merah), dan Filum Chlorophyta (ganggang hijau). Untuk mengetahui ciri masing-masing Filum.

Anda kini sudah mengetahui Protista yang Mirip / Menyerupai Tumbuhan (Algae). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

0 Response to "Pintar Pelajaran Protista Yang Seolah-Olah / Mirip Tumbuhan (Algae)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel