Pintar Pelajaran Daun / Siklus Hidup Plasmodium Falciparum Vivax Malariae Ovale

Daun / Siklus Hidup Plasmodium Falciparum Vivax Malariae Ovale - Siklus hidup Plasmodium ditemukan oleh Ronald Ross dan Grassi. Reproduksi secara aseksual terjadi di dalam badan manusia secara skizogoni (pembelahan diri dalam badan inang tetap) dan pada tubuh nyamuk Anopheles betina secara sporogoni (pembentukan spora pada inang sementara). Sedangkan reproduksi secara seksual terjadi melalui peleburan gamet. Ketika nyamuk Anopheles betina menggigit manusia, maka air liur nyamuk tersebut akan masuk ke dalam badan manusia. Dalam air liur tersebut terkandung zat anti pembekuan darah dan sel-sel Plasmodium yang disebut sporozoit. (Baca juga : Sporozoa)
Siklus hidup Plasmodium ditemukan oleh Ronald Ross dan Pintar Pelajaran Daun / Siklus Hidup Plasmodium Falciparum Vivax Malariae Ovale
Gambar 1. Siklus hidup Plasmodium yang menimbulkan penyakit malaria
Sporozoit selanjutnya akan ikut dalam aliran darah menuju ke sel hati. Dalam sel hati, sporozoit melaksanakan pembelahan berkalikali membentuk merozoit. Merozoit selanjutnya akan menginfeksi sel darah merah sampai rusak dan pecah. Merozoit-merozoit tersebut sebagian akan menginfeksi sel darah merah lainnya, dan sebagian lagi akan membentuk gametosit.

Ketika berada dalam dinding usus nyamuk Anopheles betina, gametosit akan menghasilkan gamet jantan (makrogametosit) dan gametosit betina (mikrogametosit). Jadi, gametosit akan masuk kembali ke dalam badan nyamuk saat nyamuk tersebut menghisap darah insan yang telah terinfeksi. Setelah terjadi pembuahan, maka terbentuklah zigot yang selanjutnya tumbuh menjadi oosit, dan oosit akan tumbuh membentuk sporozoit kembali.

Plasmodium yang dikenal ada empat macam, yaitu:
  1. Plasmodium falciparum merupakan penyebab malaria tropika. Plamodium ini memiliki masa sporulasi (masa pembentukan spora) sekitar 1 hari (1 x 24 jam).
  2. Plasmodium vivax merupakan penyebab penyakit malaria tertiana. Masa sporulasinya setiap 2 x 24 jam.
  3. Plasmodium malariae merupakan penyebab penyakit malaria quartana. Masa sporulasinya setiap 3 x 24 jam.
  4. Plasmodium ovale merupakan penyebab penyakit limpa. Masa sporulasinya setiap 48 jam.
Anda kini sudah mengetahui Siklus Hidup Plasmodium. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

0 Response to "Pintar Pelajaran Daun / Siklus Hidup Plasmodium Falciparum Vivax Malariae Ovale"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel