Pintar Pelajaran Cara Memilih / Menghitung Massa Atom Relatif Unsur Ar, Rumus Kimia, Atom

Cara Menentukan / Menghitung Massa Atom Relatif Unsur, Rumus Kimia, Atom - Jika Anda mengamati tabel periodik, Anda sanggup mengetahui isu mengenai massa atom relatif suatu unsur. Tahukah Anda, bagaimana cara memilih massa atom relatif unsur-unsur tersebut? Atom mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga mustahil untuk menimbang massanya secara langsung. Sampai ketika ini, belum ada timbangan yang sanggup mengukurnya. Pada awalnya, massa atom relatif dibandingkan terhadap atom hidrogen. Akan tetapi, pada 1961 IUPAC (International Union for Pure and Applied Chemistry) telah memilih standar gres dalam penentuan massa atom relatif, yaitu atom karbon-12. Satuan massa atom suatu unsur ditentukan dengan cara membandingkannya dengan 1/12 massa atom karbon dengan nomor massa = 12 (126C).
Satuan untuk massa relatif unsur yakni sma (satuan massa atom)

1 sma = 1/12 × massa atom 126C

Massa satu atom 126C = 1,993 × 10–23 g. Jadi, 1 sma = 1/12 × 1,993 × 10–23 = 1,66 × 10–24 g.

Massa atom suatu unsur yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom 126merupakan massa atom rata-rata dari isotop-isotop yang dimiliki unsur tersebut. Mengapa demikian? Anda telah mengetahui yang dimaksud dengan isotop. Informasi mengenai adanya isotop inilah yang dijadikan contoh oleh para ilmuwan untuk memilih massa atom relatif. Oleh alasannya yakni suatu unsur sanggup tersusun atas beberapa atom yang mempunyai nomor massa yang sama, maka massa unsur ditentukan dengan cara mengambil rata-rata dari massa atom setiap isotop.

Massa atom rata-rata = (% kelimpahan isotop A × massa isotop A + % kelimpahan isotop B × massa isotop B) dibagi massa isotop A + massa isotop B


Anda kini sudah mengetahui Cara Menentukan Massa Atom Relatif Unsur. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rahayu, I. 2009. Mudah Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.

0 Response to "Pintar Pelajaran Cara Memilih / Menghitung Massa Atom Relatif Unsur Ar, Rumus Kimia, Atom"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel