Pintar Pelajaran Cara Memilih Isotop, Isobar, Dan Isoton, Rumus Kimia, Atom

Cara Menentukan Isotop, Isobar, dan Isoton, Rumus Kimia, Atom - Mungkin Anda pernah mendengar perihal isotop radioaktif di media massa. Tahukah Anda arti dari isotop tersebut? Suatu unsur sanggup saja mempunyai lebih dari satu atom. Perbedaan antara atom-atom yang menyusun unsur ini terletak pada nomor massanya. Atom-atom dari unsur yang sama yang mempunyai nomor atom sama, tetapi mempunyai nomor massa yang berbeda disebut isotop. Misalnya, unsur hidrogen mempunyai 3 buah isotop. Ketiga isotop tersebut mempunyai nomor massa yang berbeda, yaitu 1, 2, dan 3. Isotop hidrogen yang bernomor massa 1 disebut hidrogen, isotop hidrogen yang bernomor massa 2 disebut deuterium, sedangkan isotop hidrogen yang bernomor massa 3 disebut tritium.

Nomor massa atom dari suatu unsur sanggup saja sama dengan atom dari unsur yang lain. Pasangan atom menyerupai ini disebut isobar. Adapun istilah untuk atom-atom dari unsur yang berbeda, tetapi mempunyai jumlah neutron yang sama yakni isoton. Berdasarkan klarifikasi tersebut, isotop, isoton, dan isobar sanggup ditentukan dengan cara memilih terlebih dahulu nomor atom, nomor massa, dan jumlah neutron masing-masing atom.

Contoh Soal 1 :

Manakah di antara atom-atom berikut yang termasuk isotop, isoton, dan isobar?

a. C (nomor atom = 6, nomor massa = 12)
b. C (nomor atom = 6, nomor massa = 13)
c. C (nomor atom = 6, nomor massa = 14)
d. O (nomor atom = 8, nomor massa = 16)
e. O (nomor atom = 8, nomor massa = 18)
f. N (nomor atom = 7, nomor massa = 14)

Kunci Jawaban :

Untuk mengetahui isotop, isoton, dan isobar, terlebih dahulu harus ditentukan jumlah masing-masing proton, elektron, dan neutron.

Untuk memudahkannya, balasan ditulis menyerupai tabel berikut.

Isotop: 

126C , 136C , dan 146C
168O dan 188O

Isobar: 

146C dan 147N

Isoton: 

147N dan 136C
168O dan 146C

Berdasarkan Contoh Soal 1, isotop adalah kelompok atau pasangan atom yang mempunyai nomor atom yang sama, tetapi nomor massanya berbeda. Isobar adalah kelompok atau pasangan atom yang mempunyai nomor atom yang berbeda, tetapi nomor massanya sama. Isoton adalah kelompok atau pasangan atom yang mempunyai jumlah neutron yang sama.

Isotop: 

126C, 136C , dan 146C
168O dan 188O

Isobar: 

146C dan 147N

Isoton: 

136C dan 147N
146C dan 168O

Catatan Kimia :
Karbon-14
 Mungkin Anda pernah mendengar perihal isotop radioaktif di media massa Pintar Pelajaran Cara Menentukan Isotop, Isobar, dan Isoton, Rumus Kimia, Atom
1. Pembentukan Karbon-14
2. Peluruhan Karbon-14
3. Persamaan dengan tanda "sama dengan" yakni untuk organisme hidup, sedangkan tanda "lebih besar" yakni untuk organisme mati, dimana karbon-14 kemudian mengalami peluruhan menyerupai gambar 2. [1]
Karbon-14 mempunyai dua neutron perhiasan sehingga nomor massanya 14. Isotop ini bersifat radioaktif, 50 %-nya meluruh setiap 5.730 tahun. Kadarnya di lingkungan secara umum konstan alasannya atom karbon-14 yang gres selalu dibuat oleh sinar kosmik yang menghantam atom-atom karbon biasa. (Sumber: Jendela Iptek: Materi,1997)

Anda kini sudah mengetahui Cara Menentukan Isotop, Isobar, dan Isoton. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rahayu, I. 2009. Mudah Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.

Referensi Lainnya :

0 Response to "Pintar Pelajaran Cara Memilih Isotop, Isobar, Dan Isoton, Rumus Kimia, Atom"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel