Contoh Kalimat Efektif Kelogisan Dan Kesepadanan Lengkap

Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap - Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat bahan mengenai kalimat efektif. Kalimat efektif tersebut sanggup dibagi menjadi beberapa jenis yaitu kalimat efektif kelogisan, kalimat efektif kesepadanan, dan sebagainya. Namun dalam kehidupan sehari hari banyak kita temukan mengenai referensi kalimat efektif kelogisan dan referensi kalimat efektif kesepadanan. Setiap orang niscaya saling berkomunikasi dengan orang lain untuk menyampaian ide, pendapat, maupun pesan melalui sebuah kalimat. Kalimat tersebut bersifat lebih efektif semoga pesan yang disampaikan sanggup dengan gampang dipahami dan diterima. Kalimat efektif ini tidak hanya diharapkan dalam bentuk verbal saja, melainkan dalam bentuk goresan pena juga.
Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap
Kalimat efektif dalam bentuk goresan pena mempunyai tujuan yaitu semoga karya yang disampaikan dalam bentuk goresan pena sanggup dengan gampang dipahami maupun dimengerti oleh pembaca. Dengan referensi kalimat efektif kelogisan dan referensi kalimat efektif kesepadanan tersebut sanggup kita ambil kesimpulan bahwa kalimat efektif dipakai untuk memberikan gagasan maupun ilham dalam bentuk verbal dan goresan pena sehingga lebih gampang dipahami oleh pembaca maupun pendengar. Kali ini saya akan membagikan beberapa referensi kalimat efektif kelogisan dan referensi kalimat efektif kesepadanan lengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak dibawah ini.

Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

Kalimat efektif ialah sebuah kalimat yang dipakai untuk memberikan gagasan pengarang dengan sempurna semoga gampang dipahami oleh pembaca ataupun pendengar. Apabila pengarang sanggup memberikan gagasannya dengan sempurna maka pembaca maupun pendengarnya sanggup lebih mudah, lengkap dan terperinci dalam memahami maksud dan pikiran dari hasil karyanya. Namun impian ibarat itu terkadang tidak sesuai dengan kenyataannya. Maka dari itu diharapkan referensi kalimat efektif kelogisan dan referensi kalimat efektif kesepadanan. Misalnya terdapat seseorang yang tidak memahami maksud dan tujuan dari hasil pengucapan maupun penulisan sesuatu hal. Agar seseorang tersebut sanggup memahaminya maka diharapkan unsur unsur kalimat yang harus ada. Namun unsur unsur kalimat yang tidak diharapkan harus dihilangkan.
Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Kalimat Tanya Beserta Contoh
Kalimat efektif mempunyai beberapa ciri khas ibarat keparalelan bentuk, kehematan kata, kepaduan gagasan, kesepadanan struktur, ketegasan makna, kelogisan bahasa dan kecermatan penalaran. Untuk lebih memahami perihal kalimat efektif ini sanggup anda simak referensi kalimat efektif kelogisan dan referensi kalimat efektif kesepadanan.

Kalimat Efektif Kelogisan

Kalimat efektif kelogisan yakni kalimat yang berisi gagasan pengarang untuk disampaikan kepada pembaca atau pendengar dengan memakai ejaan yang berlaku. Kalimat efektif dalam kelogisan harus gampang untuk dipahami dan dimengerti. Maka dari itu diharapkan unsur unsur kalimat yang yang bersifat masuk budi atau logis. Berikut referensi kalimat efektif kelogisan :

"Bapak kepala sekolah, waktu dan daerah saya persilakan." Kalimat ini mempunyai sifat yang tidak masuk budi maupun logis alasannya yakni daerah dan waktu termasuk benda mati yang tidak sanggup dipersilakan. Maka dari itu kalimatnya harus diubah menjadi "Bapak kepala sekolah, saya persilakan untuk naik kemimbar ceramah."

Adapula referensi kalimat efektif kelogisan yang lain yaitu :

1. Kepada Ketua RT, waktu dan daerah kami persilakan. (Kalimat tidak efektif)
    Kepada Ketua RT, kami persilakan untuk memberikan pidato. (Kalimat efektif)
2. Untuk mempercepat waktu, mari pribadi saja kita selesaikan program ini. (Kalimat tidak efektif)
    Untuk menghemat waktu, pribadi saja kita mulai program ini. (Kalimat efektif)

Kalimat Efektif Kesepadanan

Kalimat efektif kesepadanan yakni kalimat yang berisi gagasan pengarang untuk disampaikan kepada pembaca atau pendengar dengan memakai struktur bahasa dan kesatuan gagasan yang seimbang. Kesepadanan dalam referensi kalimat efektif kesepadanan ini ditunjukan dari gagasan yang menyatu secara kompak maupun perpaduan pikiran yang baik. Kalimat efektif kesepadanan mempunyai beberapa ciri yaitu :
  • Dalam kalimatnya mempunyai subjek dan predikat yang jelas. Apabila subjek dan predikatnya tidak mempunyai kejelasan maka akan mengakibatkan kalimat tidak efektif. 
  • Menghindari penggunaan kata depan di, pada, dalam, sebagai, bagi, untuk, mengenai, menurut, perihal dan lain lain semoga subjek dan predikatnya jelas.
Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Majas Dalam Puisi
Berikut referensi kalimat efektif kesepadanan :
Bagi semua siswa kelas XII harus membayar uang SPP bulanan. (Kalimat tidak efektif)
Semua siswa kelas XII harus membayar uang SPP bulanan. (Kalimat efektif)

Contoh kalimat efektif kesepadanan dengan subjek tunggal :
1. Penyusunan skripsi itu saya dibantu oleh para sahabat. (Kalimat tidak efektif)
    Dalam menyusun skripsi itu, saya dibantuk oleh para sahabat. (Kalimat efektif)
2. Pelajaran itu saya kurang paham. (Kalimat tidak efektif)
    Pelajaran itu bagi saya kurang paham. (Kalimat efektif)

Adapula referensi kalimat efektif kesepadanan yang lain yaitu :

1. Ibu ke pasar ahad depan. (Kalimat tidak efektif)
    Ibu pergi ke pasar ahad depan. (Kalimat efektif)
2. Ani meminum siang ini. (Kalimat tidak efektif)
    Ani meminum jus durian siang ini. (Kalimat efektif)
3. Aku melihat Rika juga melihat Tina di mall. (Kalimat tidak efektif)
    Aku dan Rika melihat Tina di mall. (Kalimat efektif)

Inilah referensi kalimat efektif kelogisan dan referensi kalimat efektif kesepadanan yang sanggup saya bagikan. Ubahlah kalimat yang anda sampaikan menjadi lebih efektif semoga gampang untuk dipahami. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Contoh Kalimat Efektif Kelogisan Dan Kesepadanan Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel