12 Pola Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya

12 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya - Untuk pengamat buku, resensi dipakai untuk mempertimbangkan ataupun membicarakan segala hal yang berkaitan dengan buku yang diterbitkan. Lalu apa itu resensi buku? Biasanya resensi ini dipakai untuk mengulas sebuah novel ataupun buku yang bersifat fiksi. Contoh resensi novel ini banyak kita temui ketika novel gres akan diterbitkan. Resensi novel mempunyai kesamaan dengan resensi buku non fiksi. Namun kedua resensi tersebut juga mempunyai perbedaan dalam hal isi bukunya.
 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya 12 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya
Resensi pada buku novel bertujuan untuk menarik perhatian pembaca biar mereka membeli dan membaca buku tersebut. Dalam sebuah resensi novel harus menyertakan beberapa data penting yang meliputi sinopsis novel, kelebihan dan kekurangan novel, identitas buku, maupun latar belakang pengarang (dapat disertakan atau tidak). Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa pola resensi novel beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

12 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya

Contoh resensi novel atau fiksi dengan resensi buku non fiksi mempunyai perbedaan yang meliputi penggunaan unsur unsur didalamnya. Untuk buku novel memakai unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsik. Sedangkan untuk buku non fiksi hanya berisi wacana ulasan kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut. Biasanya buku non fiksi diterbitkan oleh penerbit yang berbeda beda tetapi memakai tema yang sama. Namun untuk buku fiksi juga mempunyai kesaaan dalam hal tema, tetapi untuk isinya mustahil sama dengan karya fiksi lainnya. Melakukan resensi pada sebuah buku akan menunjukkan beberapa manfaat menyerupai mengetahui kelemahan dan kelebihan buku, menambah wawasan, berfikir kritis, memperoleh imbalan dari penerbit, dan meningkatkan kemampuan menulis kita.
Meresensi sebuah buku merupakan acara untuk menilai hasil karya sastra orang lain. Resensi berasal dari bahasa Belanda yakni "Resentie" yang berarti mengulas kembali. Makna resensi juga terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yang artinya pembicaraan atau pertimbangan wacana ulasan drama, film, atau buku. Contoh resensi novel merupakan salah satu hasil meresensi sebuah buku. Pada dasarnya sebuah buku yang sanggup diresensi sanggup dibagi menjadi tiga kategori yaitu resensi buku pengetahuan, resensi buku novel fiksi dan resensi buku non fiksi. 

Pembuatan pola resensi novel mempunyai tujuan tertentu yaitu menunjukkan evaluasi kepada hasil karya buku orang lain, kemudian mengulasnya dengan bahasa yang terperinci dan singkat. Selain itu meresensi buku juga mempunyai tujuan utama yaitu menunjukkan isu kepada masyarakat luas dan pembaca wacana kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut. Hal ini juga sanggup menunjukkan rekomendasi buku yang patut untuk dibaca atau tidak.

Manfaat Resensi Buku
Membuat pola resensi novel mempunyai beberapa manfaat yang ditimbulkan yakni:

Sebagai Ladang Penghasil Uang
Manfaat menciptakan pola resensi novel yang pertama ialah sebagai ladang penghasil uang. Hasil resensi buku yang telah anda buat sanggup dikirimkan kepenerbitnya biar dimuat ke dalam majalah ataupun koran. Apabila hasil resensi yang anda buat di terima oleh penerbit serta dimuat dikoran ataupun majalah, maka akan menunjukkan laba bagi anda. Anda akan memperoleh imbalan uang dari penerbit buku yang diresensi tadi.

Meningkatkan dan Menggali Kreativitas
Manfaat menciptakan pola resensi novel selanjutnya ialah media peningkatan kreativitas. Anda sanggup menggali kemampuan menulis melalui resensi buku ini. Dengan begitu talenta terpendam anda akan terus terasah.
Baca juga : Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel Beserta Penjelasan
Media Promosi Buku
Manfaat menciptakan pola resensi novel selanjutnya ialah sebagai media promosi buku. Buku yang diresensi biasanya keluaran terbaru alasannya yakni belum ada hasil resensinya. Maka dari itu resensi buku sanggup dipakai sebagai media promosi untuk buku yang gres diterbitkan.

Bahan Rekomendasi
Manfaat menciptakan pola resensi novel selanjutnya ialah materi rekomendasi. Resensi ini memudahkan pembaca untuk menentukan buku yang akan mereka baca. Hal ini alasannya yakni hasil resensi buku sanggup dipakai sebagai materi rekomendasi terbaik sebelum menentukan buku.

Unsur Unsur Resensi Buku
Dalam menciptakan pola resensi novel, anda juga harus memperhatikan unsur unsur yang terkandung didalamnya. Unsur ini diharapkan untuk memudahkan anda dalam melaksanakan resensi. Unsur resensi novel sanggup dibagi menjadi dua yaitu unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsik. Berikut klarifikasi masing masing unsurnya:

Unsur Intrinsik
Contoh resensi novel meliputi unsur intrinsik yang terkandung di dalamnya. Unsur ini terdapat didalam buku tersebut yang meliputi :

  1. Tokoh yaitu penggambaran tabiat dan aksara tokoh dalam sebuah cerita.
  2. Tema yaitu pedoman utama dalam sebuah cerita.
  3. Alur yaitu susunan pola karangan dalam sebuah cerita.
  4. Latar yaitu suasana, keadaan, budaya, tempat dan waktu dalam cerita.
  5. Gaya bahasa yaitu bahasa (majas) yang dipakai dalam cerita.
  6. Sudut pandang yaitu impresi pengarang mengenai alur cerita.
  7. Amanat yaitu pesan moral yang diberikan oleh pengarang kepada pembacanya.
Unsur Ekstrinsik
Contoh resensi novel juga meliputi unsur ekstrinsik yang terkandung di dalamnya. Unsur ekstrinsik tersebut meliputi hal hal yang terdapat di luar ulasan bukunya seperti:
  1. Kondisi Sosial.
  2. Nilai yang terdapat di dalamnya menyerupai nilai sosial, estetika, moral dan budaya.
  3. Latar Belakang Pengarang.

Tata Cara Melakukan Resensi Novel
Untuk menciptakan pola resensi novel membutuhkan tata cara yang urut dan benar. Berikut tata cara dalam melaksanakan resensi novel:
  • Membaca novel yang akan diresensi.
  • Melakukan pengamatan fisik dan isi dari bukunya.
  • Memaparkan kelebihan dan kekurangan dari buku novel tersebut.
  • Merangkum isi novelnya.
  • Menulis jawaban eksklusif wacana isi bukunya.
  • Melakukan resensi buku.
  • Menyunting hasil resensi.

Contoh Resensi Novel
Setelah membahas hal hal penting yang berkaitan dengan pola resensi novel. Saya akan membagikan pola resensinya biar anda lebih paham mengenai resensi buku. Berikut pola resensi novelnya:

Resensi Novel "Laskar Pelangi"
 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya 12 Contoh Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya
Judul Buku   : Laskar Pelangi
Penulis         : Andrea Hirata
Tebal Buku  : 529 halaman
Penerbit       : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tahun terbit : 2005
Baca juga : Jenis dan Contoh Konjungsi Temporal
Sinopsis
Andrea Hirata merupakan penulis populer yang berhasil merilis novel berjudul Laskar Pelangi. Novel ini bercerita wacana kehidupan seseorang yang kehilangan 10 anaknya dengan latar belakang keluarga miskin. Mereka hidup di pulau Belitung, Bangka Belitung. Keluarga tersebut mempunyai 10 anak yang berjulukan Ikal, Jumadi Ahlan, Lintang, A Kiong, Borek, Mahar Ahlan, Mukharam Kucai Khairani, Syahdan Noor Aziz, Trapani, Harun, dan Sahara yang satu satunya anak perempuan diantara anak lainnya. Orang renta dari anak tersebut berprofesi sebagai penambang timah. 

Dengan profesinya tersebut menciptakan keluarga ini dilanda kemiskinan. Namun walaupun begitu pendidikan anak anaknya tetap berjalan menyerupai anak lainnya. Gedung sekolahnya memang tergolong renta dan sederhana, tetapi mereka tetap semangat dan menimba ilmu disekolah tersebut. Mereka mempunyai teman gres yang berjulukan Flo. Ia merupakan gadis manis dari anak penambang timah juga. Sekolah yang ditempati mereka memang tergolong memprihatinkan alasannya yakni gedungnya sudah renta dan tidak layak pakai. Bahkan siswanya saja hanya 10 orang. Karena kondisi ini menciptakan Pemda Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatra Selatan memperingatkan sekolah tersebut biar ditutup.

Pada ketika yang sama datanglah Harun yaitu seorang anak yang mempunyai keterbelakangan mental namun mempunyai semangat untuk bersekolah menyerupai anak pada umumnya. Penerimaan siswa gres di SD Muhammadiyah hanya terkumpul 9 orang siswa. Pak Harvan berbicara kepada seluruh pihak sekolah bahwa sekolah tidak akan ditutup dengan syarat muridnya harus terkumpul 10 orang. Saat itulah Harun tiba untuk melengkapi kekurangan siswa disekolah tersebut. Alhasil SD Muhammadiyah tidak akan ditutup oleh pemerintah. Salah satu guru yang mengajar disana ialah Ibu Muslimah. Beliau merupakan sosok perempuan yang mempunyai tekad berpengaruh walaupun hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama saja. Dengan tekad yang dimilikinya menciptakan ia menjadi sosok perempuan yang berdedikasi tinggi, tegar dan berpengaruh untuk memperjuangkan pendidikan disana.

Kelebihan Novel
Gaya bahasanya menarik untuk dibaca serta menunjukkan alur dongeng yang gampang dipahami pembaca. Kisah ceritanya menunjukkan amanat yang patut untuk diteladani, baik dari segi sosial dan moralnya. Kemudian alur ceritanya juga menunjukkan pesan untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan.

Kekurangan Novel
Karena dilatar belakangi oleh kawasan terpencil, menciptakan beberapa kata didalamnya mengandung bahasa kawasan yang sulit dipahami oleh beberapa orang.

Inilah pola resensi novel beserta klarifikasi yang sanggup saya bagikan. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih. 

0 Response to "12 Pola Resensi Novel Beserta Unsur Unsurnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel