Pintar Pelajaran Protista Yang Seakan-Akan / Mirip Binatang (Protozoa)

Klasifikasi Protista yang Mirip / Menyerupai Hewan (Protozoa) - Protozoa berasal dari bahasa Yunani, proto yang berarti ‘pertama’, dan zoa yang berarti ‘hewan’. Jadi, Protozoa disebut juga sebagai hewan pertama. Protozoa merupakan Protista yang mirip binatang karena memiliki sifat heterotrof, bisa bergerak dan menelan makanan. Protozoa mempunyai ukuran mikroskopis, adalah berkisar antara 10 nm-200 nm (1 nm = 109 m). Protozoa merupakan organisme uniseluler dengan bentuk yang bervariasi, ada yang bentuknya tetap dan ada pula yang berubah-ubah. Protozoa mempunyai alat gerak berupa kaki semu (pseudopodia), bulu cambuk (flagella), atau rambut getar (cilia). (Baca juga : Klasifikasi Protista)

Protozoa hidup secara heterotrof dengan memangsa basil dan bersimbiosis dengan organisme lain. Kebanyakan Protozoa hidup di dalam tubuh makhluk hidup atau di dalam air (air tawar maupun air laut). Protozoa dapat bereproduksi secara vegetatif (aseksual) dengan pembelahan biner, maupun secara generatif (seksual), dengan cara konjugasi.

Berdasarkan alat geraknya, Protozoa dibedakan menjadi 4 kelompok, yaitu Rhizopoda (Filum Sarcodina), Ciliata (Filum Ciliophora/ Infusoria), Flagellata (Filum Mastigophora), dan Sporozoa (Filum Apicomplexa). Bagaimanakah ciri-ciri dari keempat Filum tersebut? Kalian akan mengetahuinya sesudah mempelajari uraian berikut.

1. Rhizopoda (Filum Sarcodina)

2. Ciliata (Filum Ciliophora/ Infusoria)

3. Flagellata (Filum Mastigophora)

4. Sporozoa (Filum Apicomplexa)

Anda kini sudah mengetahui Protista yang Menyerupai Hewan. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.

0 Response to "Pintar Pelajaran Protista Yang Seakan-Akan / Mirip Binatang (Protozoa)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel