Pintar Pelajaran Pengertian Fungsi Reseptor Saraf Pada Kulit Manusia

Pengertian dan Fungsi Reseptor Saraf Pada Kulit Manusia - Permukaan meja yang kasar, permukaan kulit yang halus, rasa panas pada api sanggup kita rasakan sebab adanya suatu indra. Indra yang berperan ialah kulit. Kulit merupakan pecahan badan yang sangat peka terhadap rangsangan. Rangsangan yang tiba menuju kulit akan diterima oleh suatu reseptor khusus. Rangsangan itu sanggup berupa sentuhan, tekanan lemah, tekanan keras, panas, dingin, rasa sakit, gerakan, maupun getaran. Sentuhan, tekanan lemah, getaran, dan gerakan diterima oleh reseptor khusus yang disebut mekanoreseptor. Rasa sakit sanggup kita rasakan sebab adanya noiseptor. Sedangkan suhu panas dan dingin direspon oleh termoreseptor. Termoreseptor juga berperan mengatur fungsi suhu badan dengan cara mendeteksi suhu permukaan, yang bagian dalam tubuh. Mekanoreseptor dan noiseptor terletak pada lapisan epidermis. Sementara, rangsangan yang berupa panas, dingin, dan tekanan kuat direspons oleh lapisan dermis. Ada juga reseptor yang berada pada otot rangka dan tendon dan disebut proprioseptor. Lihat Gambar 1.
pada api sanggup kita rasakan sebab adanya suatu indra Pintar Pelajaran Pengertian Fungsi Reseptor Saraf Pada Kulit Manusia
Gambar 1. Berbagai reseptor pada kulit.
Adapun saraf-saraf yang berperan merespon berbagai rangsangan dan terletak pada pecahan epidermis dan dermis kulit meliputi: korposkula Pacini, merupakan ujung saraf perespon tekanan kuat; korpuskula Ruffi ni merupa kan ujung saraf sekeliling rambut sebagai akseptor respon berupa rabaan; korpuskula Meissner dan lempeng (diskus) Merkel, seba gai ujung saraf sentuhan dan tekanan ringan; korpuskula Krause, yakni akseptor respons rangsangan dingin; dan rasa nyeri yang direspons oleh ujung saraf selaput.

Berbagai saraf ini berperan sebagai saraf sensorik yang akan menghantarkan impuls menuju sistem saraf pusat. Letak aneka macam saraf ini juga tidak tersebar merata pada seluruh bagian kulit kita. Oleh karenanya, kemungkinan bagian tubuh yang satu kemungkinan akan lebih peka terhadap rangsangan tertentu dibandingkan pecahan lainnya. Semisal, ujung jari kita akan lebih peka terhadap sentuhan daripada kulit lutut.

Anda kini sudah mengetahui Reseptor. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

0 Response to "Pintar Pelajaran Pengertian Fungsi Reseptor Saraf Pada Kulit Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel