Pintar Pelajaran Alat Prosedur Kesetimbangan Dalam Indera Pendengaran Manusia

Alat Mekanisme Kesetimbangan pada Telinga Manusia - Ketika kita berjalan di atas balok titian, prosedur kesetimbangan tubuh akan berusaha dijaga. Bagian tertentu dalam pendengaran turut menjaga mekanisme keseimbangan dalam badan tersebut. Dengan demikian, selain berperan dalam pengolahan gelombang suara, pendengaran juga berfungsi sebagai alat kesetimbangan badan dikala melaksanakan gerakan dan perubahan gravitasi. Bagian pendengaran yang berfungsi sebagai kesetimbangan terletak di atas koklea ialah tiga jalan masuk setengah bulat (saluran semisirkuler) dan serambi (vestibulum). Seperti yang telah dijelaskan sedikit di depan, kedua potongan ini berisi cairan limfa. (Baca juga : Struktur Telinga)

Pada potongan dasar jalan masuk semisirkuler terdapat potongan membesar yang disebut ampula. Di dalam ampula tersusun banyak sel rambut kecil bersilia. Sel rambut berfungsi sebagai reseptor dan dinamakan krista. Krista terbenam dalam suatu zat ibarat gelatin yang disebut kupula. Apabila kepala kita melaksanakan gerakan menggeleng, cairan perilimfa akan bergoyang dan menstimulasi sel-sel rambut untuk mengirimkan impuls saraf ke otak. Bagian inilah yang berperan dalam kesetimbangan gerakan. Sementara itu, vestibulum berperan dikala terjadi kesetimbangan gravitasi. Vestibulum tersusun atas dua potongan berbentuk kantung dan berlapis sel-sel rambut dan silia. Dua potongan ini mencakup sakula dan utrikula, yang di dalamnya berisi cairan endolimfa. Pada potongan dinding sakula dan utrikula terdapat potongan yang tersusun dari zat kapur.
Ketika kita berjalan di atas balok titian Pintar Pelajaran Alat Mekanisme Kesetimbangan dalam Telinga Manusia
Gambar 1. Alat kesetimbangan pada pendengaran manusia
Bagian yang dimaksud disebut otolit. Adanya perubahan gravitasi saat kepala menunduk atau menggeleng (tubuh bergerak), sanggup menyebabkan otolit bergerak. Perubahan posisi otolit tersebut mengakibatkan silia melengkung, sehingga menstimulasi impuls saraf untuk dikirim menuju otak. Informasi dari otak menjadikan posisi kepala sanggup di ketahui.

Anda kini sudah mengetahui Mekanisme Kesetimbangan dalam Telinga. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 346.

0 Response to "Pintar Pelajaran Alat Prosedur Kesetimbangan Dalam Indera Pendengaran Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel