Pintar Pelajaran Pola Soal Un Sma Sosiologi Tahun 2006, Kunci Jawaban, Dan Pembahasan
Berikut ini yaitu contoh soal un (ujian nasional) sma sosiologi tahun 2006, kunci jawaban, dan pembahasan :
1. Sosiologi berasal dari kata "Socius" dan "Logos" yang artinya ........
A. Tata masyarakat
B. Sejarah masyarakat
C. Ilmu masyarakat
D. Hubungan masyarakat
E. Pengetahuan
Jawaban : C
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Sosiologi berasal dari kata socus berarti mitra dari kata Yunani yaitu logos artinya pengetahuan. Maka sosiologi berarti pengetahuan perihal perkawinan atau pertemuan yang diperluas cakupannya menjadi kehidupan bersama insan yang disebut masyarakat.
2. Aspek-aspek yang dipelajari oleh antropologi sebagai berikut, kecuali ........
A. sejarah terjadinya manusia
B. aneka norma ras di dunia
C. bahasa-bahasa di dunia
D. dasir-dasar budaya suku bangsa
E. bangsa-bangsa dan negara-negara di dunia
Jawaban : E
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Aspek-aspek yang dipelajari oleh Antropologi yaitu Sejarah terjadinya manusia. Norma, Ras di dunia beraneka ragam, bahasa-bahasa di dunia, dasar-dasar suku bangsa di dunia.
3. Perhatikan unsur-unsur kebudayaan di bawah:
1. sistem peralatan
2. sistem nilai
3. sistem pengetahuan
4. sistem hukum
5. sistem religi
Yang termasuk unsur kebudayaan universal yaitu ........
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 1, 3, 5
D. 3, 4, 5
E. 1, 4, 5
Jawaban : C
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Kebudayaan Universal yaitu kebudayaan yang dianut/dipakai oleh semua orang. Unsur-unsur kebudayaan yang universal yaitu:
- sistem peralatan
- sistem ilmu pengetahuan
- sistem religi/kepercayaan
- sistem kekerabatan
- moral istiadat
4. Tindakan sosial yang termasuk dalam interaksi sosial yaitu ........
A. Astri membaca majalah wanita
B. Wilanda melihat-lihat album foto
C. Ibu Lia mengajar sosiologi di SMAN I Cileunyi
D. Gusti menendang-nendang kaleng di jalanan
E. Ajat bersiul ambil mandi
Jawaban : C
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Tindakan sosial yaitu tindakan individu yang mempunyai arti bagi orang lain.
Tindakan sosial yang termasuk dalam interaksi sosial contohnya yaitu Ibu Lia mengajar sosiologi di SMAN I Cileunyi.
5. Jika ada masyarakat mulai meninggalkan nilai-nilai, norma-norma serta pranata yang ada, akhir langsungnya yaitu terjadinya ........
A. kemajemukan
B. adaptasi
C. disorganisasi
D. disfungsi pemimpin
E. diferensiasi sosial
Jawaban : C
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Jika ada masyarakat mulai meninggalkan nilai-nilai, norma-norma serta pranata yang ada hasilnya terjadi disorganisasi artinya terjadi perpecahan dalam keluarga atau masyarakat.
6. Perhatikan beberapa teladan sosialisasi berikut!
1) Belajar bermain dengan teman sepermainan.
2) Orang renta mengajarkan sopan santun kepada anaknya.
3) Kakak yang membimbing adiknya dalam belajar
4) Bapak ibu guru membina para siswa di sekolah
Pernyataan di atas yang termasuk sosialisasi primer yaitu nomor ........
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
Jawaban : C
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Sosialisasi primer artinya berguru dalam lingkungan sendiri. Misalnya dalam lingkungan keluarga.
Contoh: - Belajar yang dibimbing orang renta atau kakak.
- Orang renta mengajarkan sopan santun kepada anaknya.
7. Di bawah ini teladan sikap menyimpang!
1) Perampokan diancam eksekusi pidana berat
2) Pemerkosaan yang tergolong kejahatan dengan kekerasan
3) Bolos sekolah terpaksa dilakukan alasannya yaitu ada pesta di rumah
4) Nyontek pada waktu ujian saat diawasi guru
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Perilaku menyimpang yaitu sikap yang dinyatakan suatu pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat.
Contohnya: Perampokan, pemerkosaan, penyalahgunaan narkotika, perkelahian pelajar, sikap seksual di luar nikah, penggunaan alkohol.
8. Pembongkaran rumah-rumah liar di jalur hijau taman, menyerupai yang terjadi di kota-kota besar, termasuk pengendalian ........
A. Koersif
B. Persuasif
C. Preventif
D. Represif
E. Isolasif
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Tindakan pembongkaran rumah-rumah liar di jalur hijau taman yang terjadi di kota-kota besar pengendalian represif artinya pengendalian yang mengembangkan keserasian yang terganggu akhir sikap yang menyimpang.
9. Saling memberi dan mendapatkan unsur-unsur budaya antar dua masyarakat yang berdampingan disebut ........
A. Inovasi
B. Akulturasi
C. Penetrasi
D. Simbiotik
E. Asimilasi
Jawaban : E
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Saling memberi dan mendapatkan unsur-unsur budaya antar-antar masyarakat yang berdampingan disebut asimilasi.
Contohnya: orang Cina berumah tangga dengan orang Indonesia (kawin campur).
10. Pernyataan berikut ini yang menggambarkan diferensi sosial atas dasar suku bangsa yaitu ........
A. Masyarakat kulit putih, kulit berwarna, kulit hitam.
B. Masyarakat Islam, Kristen, Hindu, Budha.
C. Masyarakat Sunda, Jawa, Betawi, Minangkabau
D. Masyarakat petani, pedagang, pengrajin, guru, dokter
E. Masyarakat pedesaan, pertanian, dan perkotaan/ industri.
Jawaban : C
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Diferensi sosial yaitu adanya perbedaan yang dimiliki anggota masyarakat, contohnya perbedaan ras, agama, suku bangsa, jenis kelamin, usia, profesi, klan.
Perbedaan suku bangsa contohnya Suku Sunda, Jawa, Betawi dan lain-lain.
11. Sekelompok laki-laki cerdik balig cukup akal berasal dari banyak sekali suku bangsa yang berlainan status sosial dan bahkan hingga kepada rasnya berbeda-beda, tetapi pada hari Jumat mereka gotong royong melaksanakan shalat Jumat berjamaah dan menyimak khotbah secara serius. Hal ini memperlihatkan adanya wujud kasatmata dari ........
A. Diferensiasi sosial
B. Interseksi sosial
C. Stratifikasi sosial
D. Konsolidasi sosial
E. Kelompok sosial
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Seseorang yang berasal dari banyak sekali suku bangsa yang berlainan tetapi pada hari Jumat melikukan sholat Jumat gotong royong ini memperlihatkan diferensi sosial alasannya yaitu berbeda suku tapi menjalankan ibadah bersama-sama.
12. Hubungan konsolidasi yang paling kasatmata dalam kelompok-kelompok sosial menurut kelompok keturunan yaitu antar ........
A. ras dengan suku bangsa
B. suku bangsa dengan pekerjaan
C. suku bangsa dengan agama
D. ras dengan agama
E. klan dengan agama
Jawaban : B
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Konsolidasi atas pernyataan kelompok masyarakat contohnya dalam pekerjaan terjadi penyatuan suku bangsa akhir keturunan yang sama.
13. Guru mengambil tugas mempertemukan dua kelompok siswa yang tawuran agar diperoleh akad gotong royong penyelesaian perkelahian tersebut, bentuk fasilitas pada teladan perkara di atas termasuk ........
A. Meditasi
B. Arbitrasi
C. Kompromi
D. Konsolidasi
E. Ajudikasi
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Akomodasi yaitu seperangkat aturan yang mengatur jalannya sistem nilai dalam masyarakat. Contohnya meditasi yaitu orang yang menjadi juru hening di antara orang yang bertikai
14. Perkembangan primordialisme dalam masyarakat beragam tak mungkin sanggup dihindari, tetapi sanggup diarahkan kepada hal-hal yang positif menuju terwujudnya integrasi sosial apabila ........
A. Adanya sistem nilai sosial yang baku dan mempersatukan masyarakat
B. Adanya kesadaran masyarakat pendukungnya terhadap pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
C. Diarahkan untuk memperkuat sistem sosial budaya nasional.
D. Berkembangnya semangat toleransi, kekeluargaan, gotong royong dan musyawarah mufakat dalam kehidupan masyarakat.
E. Semua tanggapan benar.
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Primordialisme yaitu paham yang berpegang teguh pada hal-hal yang dibawa semenjak lahir menyerupai kesukaan, keagamaan dan moral istiadat semenjak lahir menyerupai kesukuan, keagamaan dan moral istiadat oleh seseorang dalam kelompok dan sanggup membuatkan terjadinya sukuisme. Sehingga untuk mencegahnya melalui integrasi sosial. Contohnya: Semangat toleransi, kekeluargaan, gotong royong, musyawarah mufakat dalam kehidupan masyarakat.
15. Jiwa kebudayaan atau etos akan menyelinap bila ........
A. etos memperlihatkan pandangan hidup
B. diintegrasikannya unsur-unsur kebudayaan
C. setiap masyarakat mempunyai etos
D. setiap jiwa mempunyai etos
E. pandangan hidup nampak dalam bentuk gaya sikap warga masyarakat
Jawaban : E
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Jiwa kebudayaan atau etos yaitu semangat juang dalam kehidupan yang terdapat pada individu yaitu motivasi melalui pandangan hidup yang nampak dalam bentuk gaya sikap warga masyarakat.
16. Seorang siswa berkonsultasi dengan guru BK, di sekolah untuk mendapatkan pemecahan dilema kesulitan belajar, relasi sosial antara guru BK, dan siswa didasari faktor ........
A. Motivasi
B. Simpati
C. Imitasi
D. Sugesti
E. Identifikasi
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Seorang guru BK di sekolah memberi pemecahan dilema kesulitan berguru siswa termasuk tindakan sosial yang didasari siswa oleh faktor motivasi (faktor dorongan yang tiba dari diri siswa tersebut).
17. Ahmad pada mulanya hanya pesuruh pada sebuah perusahaan, alasannya yaitu rajin maka ia diangkat menjadi koordinator dari pesuruh. Ahmad mengalami ........ sosial
A. antar generasi
B. intragenerasi
C. vertikal naik
D. vertikal turun
E. horizontal
Jawaban : C
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Mobilitas sosial yaitu perubahan dari sastra satu ke sastra yang lain. Contoh: kaya, miskin dan lain-lain. Pesuruh menjadi koordinator pesuruh termasuk mobilitas sosial vertikal naik alasannya yaitu dari strata yang rendah ke strata yang lebih tinggi.
18. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Perbedaan ras dan agama
2. Kemiskinan
3. Perubahan kondisi sosial
4. Ekspansi teritorial
Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor penghambat terjadinya mobilitas sosial yaitu nomor ........
A. 3 dan 4
B. 1 dan 2
C. 1 dan 3
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Pernyataan di atas yang merupakan faktor penghambat terjadinya mobilitas sosial yaitu kemiskinan dan perluasan teritorial.
19. Perubahan sosial terjadi alasannya yaitu adanya ketidaksesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga menghasilkan keadaan yang ........
A. Serasi fungsinya
B. Saling berintegrasi
C. Saling menguntungkan
D. Tidak harmonis fungsinya
E. Mengakibatkan kerugian
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Perubahan sosial terjadi alasannya yaitu adanya kesesuaian adanya unsur yang saling berbeda yang menghasilkan ketertiban. Perubahan sosial yang tidak sesuai mengakibatkan keadaan fungsinya yang tidak harmonis dalam masyarakat.
20. Peralihan suatu masyarakat mengalami tahapan yang sama, dimulai dari tahap perkembangan awal menuju ke tahapan perkembangan selesai merupakan dari teori ........
A. Evolusi over
B. Siklus
C. Fungsional
D. Modernisasi
E. Konflik
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Peralihan suatu masyarakat mengalami tahapan yang sama dimulai dari tahap perkembangan awal menuju ke tahap perkembangan selesai merupakan pengertian dari teori evolusi over yaitu teori yang mengajarkan perubahan secara sedikit demi sedikit tapi pasti.
21. Kemerdekaan Republik Indonesia membawa perubahan yang fundamental bagi kehidupan rakyat Indonesia, termasuk perubahan secara ........
A. Revolusi
B. Evolusi
C. Modernisasi
D. Negres
E. Progres
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Perubahan yang dialami oleh masyarakat secara cepat yaitu disebut teori revolusi. Contohnya: Kemerdekaan Republik Indonesia yang membawa perubahan secara cepat terhadap kehidupan rakyat Indonesia.
22. Masyarakat dan budaya selalu mengalami perubahan. Ini berarti ada sifat tertentu yang dimiliki, yaitu ........
A. Labil
B. Statis
C. Dinamis
D. Evolusi
E. Revolusi
Jawaban : C
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Masyarakat dan budaya mengalami perubahan suatu masyarakat yang selalu mengalami perubahan disebut dinamis yaitu menjadi perubahan ke arah perkembangan atau tidak tetap (statis).
23. Contoh situasi yang menandai terjadinya disintegrasi sosial akhir perubahan sosial antara lain ........
A. Sanksi berfungsi dengan efektif
B. Timbulnya kebersamaan dalam masyarakat
C. Meningkatnya wibawa aparat
D. Masyarakat kurang mematuhi norma yang berlaku
E. Solidaritas kelompok meningkat
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Disintegrasi sosial artinya adanya ketidaksesuaian unsur-unsur yang saling berbeda. Contohnya masyarakat kurang mematuhi norma yang berlaku, melanggar tata tertib.
24. Discovery dan inovation merupakan faktor terjadinya perubahan sosial, yaitu faktor ........
A. Ekstern
B. Intern
C. Dominan
D. Pendorong
E. Penghambat
Jawaban : B
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Discovery yaitu inovasi unsur-unsur budaya invention yaitu perjuangan memperbaharui yang ditemukan. Faktor yang mengakibatkan terjadinya discovery atau invention yaitu faktor intern yaitu faktor dari dalam diri sendiri. Misalnya inovasi seseorang diperbaharui lagi sehingga mengalami perubahan.
25. Dalam rangka modernisasi, pelajar Indonesia harus melaksanakan cara berguru yang efektif dan efisien dengan sarana yang ada, taktik pelajar tersebut untuk meningkatkan ........
A. waktu belajar
B. proses belajar
C. kerajinan belajar
D. prestasi belajar
E. kerapian belajar
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Modernisasi yaitu perubahan yang dari tradisional kepada yang lebih maju atau lebih baik contohnya seorang pelajar yang melaksanakan berguru yang lebih efektif dan efisien dengan sarana yang ada. Strategi pelajar tersebut untuk meningkatkan prestasi belajar.
26. Perhatikan hal-hal berikut!
1. Pola pikir masih sederhana
2. Sulit mendapatkan inovasi baru
3. Optimis terhadap masa depan
4. Berpikir secara rasional
Dari daftar tersebut yang menjadi mental masyarakat modern yaitu ........
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 can 3
E. 3 dan 4
Jawaban : E
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Masyarakat modern yaitu sebuah masyarakat yang telah mengenal transformasi IPTEK.
Dari daftar tersebut yang menjadi mental masyarakat modern yaitu berpikir rasional, optimis terhadap masa depan dan mendapatkan pembaharuan.
27. Dalam melaksanakan penelitian sosial, peneliti hendaknya melaksanakan penentuan topik yang baik, yaitu ........
A. Sebaiknya banyak memakai kata asing
B. Singkat, terperinci dan tidak mempunyai arti ganda
C. Masalah diambil dari banyak sekali sumber
D. Sumber topik terbatas
E. Diminati semua orang
Jawaban : B
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Dalam memilih topik sebuah penelitian yang baik yaitu topik atau judul yang menarik, judul hendaknya singkat terperinci dan tidak mempunyai arti ganda, mudah dan penting di hindari terjadinya duplikasi dengan judul lain.
28. Perhatikan ciri-ciri penelitian di bawah ini!
1. Penentuan sampel penelitian
2. Penentuan teknis analisis
3. Bersifat induktif
4. Bersifat deskriptif analitik
5. Titik berat uraian relatif
Dari ciri-ciri tersebut yang termasuk ke dalam ciri-ciri penelitian kualitatif yaitu nomor ........
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4 dan 5
Jawaban : E
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Penelitian kualitatif yaitu penelitian melihat keadaan mutu penelitian yang mempunyai ciri-ciri bersifat induktif yaitu proporsi (tetap), bersifat deskriptif analitik dan titik berat uraian relatif.
29.
Dari di atas yang membedakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam pengolahan data penelitian yaitu nomor ........
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Perbedaan pendekatan kualitatif dengan kuantitatif
a. kuantitatif : bentuknya uraian naratif
b. kualitatif : bentuknya statistik
30. Jumlah sesuatu yang tertentu mewakili suatu populasi, disebut ........
A. Median
B. Mean
C. Random
D. Sampel
E. Variabel
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Jumlah sesuatu yang tertentu mewakili suatu populasi, disebut sampel.
31. Penelitian mengumpulkan data yang sanggup diukur dengan angka-angka misalnya:
- Jenis pekerjaan : tani 50%, nelayan 20%, pedagang 25 %, dst.
- Tingkat pendidikan : SD 60%, SLTP 20%, SLA 10%, FT5%
- Tingkat penghasilan ; Rp 150.000; per bulan
Data di atas merupakan teladan penelitian yang memakai pendekatan ........
A. Kualitatif
B. Kuantitatif
C. Analisa data
D. Observasi lapangan
E. Wawancara
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Penelitian mengumpulkan data berupa angka-angka disebut pendekatan kualitatif yaitu dari satu kesatuan yang diungkapkan yang nyata.
32. Kelebihan dari analisis isi media masa sebagai teknik pengumpulan data penelitian yaitu ........
A. Menghemat waktu, biaya dan tenaga.
B. Mengetahui kebenaran data dengan pasti.
C. Dapat dipercaya alasannya yaitu data diperoleh secara langsung.
D. Memperoleh data dari responden yang sulit ditemui.
E. Lebih objektif alasannya yaitu sudah melalui editing dan koding.
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Kelebihan dari analisis isi media masa sebagai teknik pengumpulan data penelitian yaitu menghemat waktu, biaya dan tenaga alasannya yaitu proses yang cepat dan akurat.
33. Seorang peneliti berperan sebagai pemulung dan mengadakan pengarnatan eksklusif di lapangan untuk mendapatkan data, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti tersebut yaitu ........
A. Wawancara
B. Analisa media masa
C. Studi kepustakaan
D. Observasi partisipasi
E. Observasi non partisipasi
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Seorang peneliti berperan sebagai pemulung dan mengamati eksklusif di lapangan untuk mendapatkan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti tersebut yaitu disebut observasi partisipasi yaitu pengamatan di mana peneliti eksklusif terjun sebagai responden.
34. Rumus rata-rata yaitu ........
A.
B.
C.
D. Rata-rata = Jumlah nilai data x banyaknya data
E. Jumlah data = banyaknya - rata
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Rumus = rata-rata/mean yaitu nilai bilangan yang berasal dari jumlah keseluruhan nilai di bagi dengan banyaknya unit/bilangan yaitu:
35. Dalam pengolahan data yang memperlihatkan frekuensi terbesar pada suatu peringkat data yaitu ........
A. Modus
B. Median
C. Mean
D. Distribusi
E. Tabulasi
Jawaban : A
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Dalam pengolahan data yang memperlihatkan Frekuensi terbesar pada suatu perangkat data yaitu modus yaitu ukuran pemusatan yang memperlihatkan frekuensi terbesar pada suatu perangkat data.
36. Perhatikan tabel berikut!
Data hasil ulangan sosiologi. Nilai modus dari data di atas yaitu ........
A. 20
B. 260
C. 13,25
D. 35
E. 505
Jawaban : C
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Tabel dibalik.
37. Tiga serpihan pokok dalam laporan penelitian yaitu ........
A. Kesimpulan, implikasi, saran-saran
B. Masalah, deskripsi, kesimpulan
C. Pendahuluan, deskripsi, kesimpulan
D. Latar belakang, pembahasan, kesimpulan
E. Pendahuluan, isi, penutup
Jawaban : E
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Tiga laporan pokok pada penelitian yaitu pendahuluan, serpihan isi, serpihan penutup.
38. Gambaran perihal jenis-jenis yang disajikan dalam karya tulis disebut ........
A. Daftar isi
B. Daftar gambar
C. Metode penelitian
D. Perumusan masalah
E. Daftar tabel
Jawaban : D
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Gambaran perihal jenis-jenis yang disajikan dalam karya tulis yaitu perumusan dilema yaitu yang menandakan materi permasalahan dalam karya tulis yang akan disajikan.
39. Penelitian siswa perlu didiskusikan alasannya yaitu bermanfaat untuk hal berikut, kecuali ........
A. Menunjang keberanian siswa untuk sanggup bersaing
B. Memupuk siswa untuk berani mengeluarkan pendapat
C. Supaya siswa berpikir sendiri tidak hanya mendapatkan dari guru
D. Melatih siswa memakai pengetahuan yang diperolehnya
E. Memupuk rasa toleransi dan menghargai orang lain
Jawaban : E
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Penelitian siswa perlu didiskusikan alasannya yaitu bermanfaat untuk hal menunjang keberanian siswa untuk bersaing mengcluarkan pendapat, berpikir aktifpositif, memakai rasional dalam menulis karya.
40. Setelah semua data diberi isyarat sesuai dengan pedoman-pendoman, langkah selanjutnya yaitu memindahkan data dalam bentuk isyarat ke dalam lembaran yang disebut ........
A. Buku kode
B. Tabel induk
C. Tabel teks
D. Tabel silang
E. Coding shelt
Jawaban : E
SMA/Ebtanas/Sosiologi/Tahun 2006
Penyelesaian :
Setelah semua data diberi isyarat sesuai dengan pedoman pengodean langkah selanjutnya yaitu memudahkan data dalam bentuk isyarat ke alam lembaran yang disebut: coding shelt yaitu memberi tanda simbol-simbol berupa angka atau abjad pada tanggapan responden.
Demikianlah Contoh Soal UN Sekolah Menengan Atas Sosiologi Tahun 2006. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.
Created by InVirCom (C) July 1998, Last edited January 2003
// banksoal@invir.com
// http://www.invir.com
0 Response to "Pintar Pelajaran Pola Soal Un Sma Sosiologi Tahun 2006, Kunci Jawaban, Dan Pembahasan"
Post a Comment