Pintar Pelajaran Persamaan Dan Perbedaan Data Dan Informasi, Pengertian, Fungsi

Persamaan Dan Perbedaan Data Dan Informasi, Pengertian, Fungsi - Sebuah kehidupan tentu penting memperoleh sebuah kabar yang memang benar atau fakta. Tanpa ada rekayasa pemberitaan. Begitu juga dalam meperoleh ilmu maupun bekerja maka fakta harus diperoleh melalui sumber yang terpercaya. Sumber yang biasa dipakai yaitu dalam bentuk data maupun informasi. Data merupakan keterangan yang bersumber dari fakta dan perlu mengalami proses pengolahan gres sanggup diberitakan kepada orang lain. Secara umum data yang diperoleh sanggup berupa tulisan, gambar, diagram ataupun angka. Data sendiri berfungsi untuk mengumpulkan sumber-sumber fakta yang hendak diberikan sebagai sebuah gosip atau laporan. Sedangkan informasi merupakan fakta yang diberitakan diperoleh dari beberapa sumber yang telah mengalami pengolahan isi terlebih dahulu. Informasi sanggup diberitakan melalui media cetak berupa koran, majalah, poster, spanduk, atau brosur. Juga sanggup melalui media elektronik ibarat internet, televisi, radio, maupun telekomunikasi ibarat handphone. Informasi mempunyai fungsi untuk memberikan gosip ataupun laporan yang ada secara benar dan akurat dengan mempunyai beberapa bukti.

1. Persamaan Data Dan Informasi

1.1. Memberikan Laporan Penting

Data dan informasi mempunyai persamaan dalam hal memperlihatkan laporan kepada seseorang atau banyak orang. Sama-sama mempunyai isi untuk diberitakan atau disampaikan. Kedudukan data dan informasi sama-sama penting dan dibutuhkan kearutannya. Baik dan informasi merupakan laporan yang dibutuhkan baik dalam dunia  pendidikan, kerja, usaha, dan banyak lagi yang lain.
 
Contoh persamaan data dan informasi dalam hal memperlihatkan laporan yaitu untuk data maka laporan yang diberikan dalam bentuk visual sanggup berupa goresan pena di kertas, gambar di kertas, atau apapun yang berisi laporan di kertas, maupun data yang tersimpan di komputer. Begitu juga dengan informasi sama-sama memperlihatkan laporan hanya saja sanggup berupa visual, audio, maupun audio visual.

1.2. Memudahkan Kegiatan Berlangsung

Baik data maupun informasi mempunyai persamaan lain dalam hal kemudahan. Dengan seseorang atau suatu kelompok memperoleh data dan informasi maka akan ada laporan yang masuk dan sanggup dikerjakan. Sehingga ada acara yang sanggup dilakukan dengan semakin gampang alasannya sudah mendapatkan laporan yang telah diberikan.

Contoh persamaan data dan informasi dalam hal fasilitas berlangsungnya acara yaitu untuk data maka pegawai kantor sanggup segera mengolah laporan yang masuk. Ketika sudah diolah maka pegawai kantor tersebut sanggup memberikan hasil olahan data tersebut kepada atasannya. Sedangkan untuk informasi yang merupakan hasil olahan laporan maka informasi inilah yang akan disampaikan oleh pegawai kantor kepada atasan. Jika data maupun informasi tidak diterima oleh pegawai kantor maka orang tersebut tidak sanggup memberikan laporan apapun kepada atasannya.

2. Perbedaan Data dan Informasi

2.1. Proses Penerimaan Laporan

Data dan informasi ibarat terlihat sama namun terdapat perbedaan di antara keduanya. Perbedaan dalam hal ini yaitu pada segi mendapatkan laporan seseorang. Pada data yang diterima seseorang masih berupa laporan yang perlu pengolahan lebih lanjut lantaran masih sangat mentah. Sedangkan pada informasi yang diterima seseorang sudah berupa hasil olahan laporan lantaran sudah matang. Pengolahan yang dilakukan sanggup dilakukan secara individu maupun kelompok.

Contoh perbedaan data dan informasi dalam penerimaan laporan yaitu data yang diterima berupa beberapa laporan mentah ibarat goresan pena yang berisi beberapa laporan. Data yang diterima oleh seseorang belum sanggup pribadi disimpulkan. Sedangkan informasi yang diterima oleh seseorang pribadi sanggup diterima dan dipahami. Sehingga sanggup diberikan kesimpulan terhadap isi dari informasi yang diperoleh.

2.2. Segi dari Isi Laporan

Selain penerimaan laporan, perbedaan data dan informasi juga masih ada. Dalam hal ini dilihat dari segi isi laporan yang diterima oleh seseorang. Isi laporan dari data masih membingungkan dan perlu dipikir secara masak-masak sebelum diambil inti dari laporan tersebut. Sedangkan untuk informasi berdasar isi laporan yang diterima maka sudah sanggup dicerna dan dimengerti inti yang tertulis.

Contoh perbedaan data dan informasi menurut segi isi laporan yaitu untuk data masih berupa beberapa laporan yang sangat banyak. Seperti ada beberapa kertas yang berisi goresan pena tidak semua goresan pena tersebut penting. Terkadang goresan pena yang ada pun cukup singkat dan hanya dipenuhi oleh bagan-bagan tertentu. Sehingga itu masih harus diolah lebih lanjut semoga sanggup dipahami bersama. Untuk informasi itu sendiri ibarat sudah berupa satu lembar kertas berisi laporan hasil pengolahan data. Sehingga sanggup dipahami bersama dan tidak lagi membingungkan.

2.3. Kecepatan Pemahaman Isi Laporan

Perbedaan data dan informasi juga diperoleh dari kecepatan setiap orang atau kelompok dalam memahami laporan yang diterima. Pada data yang diterima sebagai laporan maka perlu waktu untuk memahami maksud dari laporan yang mereka terima. Masih perlu mencari rujukan atau sumber laporan yang terkait untuk memahaminya. Sedangkan pada informasi maka hanya butuh beberapa detik atau menit saja untuk menangkap dan memahami maksud dari isi laporan tersebut. Tidak perlu mencari rujukan yang terkait lantaran sanggup dengan cepat pribadi memahami.

Contoh perbedaan data dan informasi dari kecepatan memahami isi laporan yaitu untuk data dikala orang mendapatkan data maka otak harus perlu waktu berpikir. Tentu tidak akan gampang melihat data jikalau dalam bentuk angka, diagram, atau bahkan gambar tanpa tulisan. Sehingga perlu waktu lebih usang untuk memahami apa sebenranya isi laporan tersebut. Sedangkan untuk informasi dikala orang mendapatkan laporan dalam bentuk ini maka akan pribadi cepat memahami lantaran sudah berupa inti dari data.

2.4. Belum Sempurna dan Sudah Sempurna

Perbedaan dalam hal belum tepat dan sudah tepat ini berkaitan dengan pengolahan laporan yang diterima oleh seseorang atau kelompok. Pada data termasuk laporan yang belum tepat dan tidak banyak orang yang sanggup mengolahnya. Hanya orang tertentu dan terkait dengan isi data tersebut yang sanggup mengolah secara sempurana. Sedangkan pada informasi termasuk laporan yang sudah tepat dan lebih banyak orang yang sanggup mengerti. Baik. orang yang terkait dengan isi informasi tersebut maupun bukan tetap sama-sama sanggup mengerti

Contoh perbedaan data dan informasi dalam hal ini yaitu untuk data maka hanya orang tertentu yang bisa mengolah. Jika pegawai kantor memperlihatkan data kepada bawahannya, belum tentu si bawahan akan mengerti isi dari data tersebut. Seperti ada data berupa diagram yang berisi angka maka belum tentu bawahan tersebut tahu arti diagram tersebut. Berbeda dengan informasi yang sanggup dipahami oleh hampir banyak orang. Ketika pegawai kantor memperlihatkan informasi kepada bawahan maka sanggup dipastikan bawahan akan mengerti. Seperti ternyata isi dari diagram tersebut yang sudah diolah merupakan maksud pertambahan produksi perusahaan.

Data merupakan laporan penunjang informasi yang diwujudkan dalam laporan yang berisi fakta. Tanpa kehadiran data maka informasi tidak sanggup diperoleh secara akurat. Sehingga data dan informasi memang saling berkaitan untuk memperlihatkan sebuah laporan penting kepada orang yang memerlukan laporan tersebut.

Semoga artikel mengenai Persamaan dan Perbedaan Data Dan Informasi menambah wawasan kita. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

0 Response to "Pintar Pelajaran Persamaan Dan Perbedaan Data Dan Informasi, Pengertian, Fungsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel