Pintar Pelajaran Persamaan Dan Perbedaan Pembuluh Arteri Dan Vena, Pengertian, Fungsi

Persamaan dan Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena - Setiap makhluk hidup menentukan organ yang sangat penting salah satu yang ada ialah pembuluh darah. Pembuluh darah yang ada di dalam badan yaitu, pembuluh darah arteri dan pembuluh darah vena. Pembuluh darah arteri atau yang juga disebut sebagai pembuluh darah nadi merupakan pembuluh darah yang bertugas membawa pedoman darah dari bilik jantung. Sedangkan pembuluh darah vena merupakan pembuluh darah yang bertugas membawa pedoman darah menuju ke serambi jantung. Pembuluh arteri dari bilik kanan jantung berfungsi untuk membersihkan pedoman darah yang ada di seluruh badan menuju ke paru-paru. Pembuluh arteri ini juga dikenal dengan sebutan pembuluh pulmonalis sebab mengarah ke paru-paru atau pulmo. Dan kiprah pembuluh arteri bilik kanan jantung berfungsi untuk membuatkan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Sedangan pembuluh vena berfungsi mengedarkan darah dari seluruh badan menuju ke serambi jantung. Kedua pembuluh darah ini sama-sama penting bagi setiap mahkluk hidup. Jika salah satu ada yang mengalami penyumbatan maka sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan makhluk hidup tersebut.


1.1. Sebagai Pembuluh Darah

Pembuluh arteri dan pembuluh vena terang terlihat dalam hal persamaan. Baik pembuluh arteri maupun pembuluh vena sama-sama pembuluh darah yang bertugas mengedarkan darah dalam tubuh. Pembuluh arteri dan pembuluh vena sama-sama pembuluh darah yang mempunyai kiprah penting biar peredaran darah sanggup tersebar secara merata.

Contoh persamaan pembuluh arteri dan pembuluh vena ialah sama-sama mengedarkan oksigen untuk badan yang berpusat pada jantung makhluk hidup. Darah yang sehat tentu harus mengandung kadar oksigen yang cukup untuk kesehatan badan makhluk hidup.

1.2. Memiliki Jumlah Lapisan yang Sama

Pembuluh arteri dan pembuluh vena mempunyai persamaan dalam hal jumlah lapisan. Pembuluh arteri dan pembuluh vena sama-sama mempunyai tiga buah lapisan. Ketiga lapisan tersebut merupakan lapisan penyusun pembuluh arteri maupun vena dalam badan makhluk hidup.

Contoh persamaan pembuluh arteri dan pembuluh vena ialah pada lapisan luar tersusun atas lapisan jaringan ikat dan serat elastis. Kemudian pada lapisan tengah tersusun atas otot polos dan juga serat elastis. Terakhir, pada lapisan dalam tersusun atas endothelium.

2. Perbedaan Pembuluh Arteri dan Pembuluh Vena

2.1. Memiliki Letak yang Berbeda

Berbicara mengenai perbedaan antara pembuluh arteri dan pembuluh vena itu tidak mengecewakan banyak. Dalam hal ini perbedaan antara kedua pembuluh darah ada pada penggalan letak pembuluh darah pada tubuh. Tentu setiap organ yang ada pada badan mempunyai letak khusus dan tertentu dan itupun juga terdapat pada pembuluh darah. Tugas antara pembuluh arteri dan pembuluh vena yang berbeda biar pedoman darah sanggup mengalir secara merata pada tubuh.

Contoh perbedaan pembuluh arteri dan pembuluh vena pada penggalan letak ialah pada pembuluh arteri terletak pada penggalan dalam, sedikit jauh dari permukaan tubuh. Sedangkan pada pembuluh vena terletak pada penggalan tepi. Lebih bersahabat dengan permukaan badan dan terlihat berwarna kebiru-biruan.

2.2. Memiliki Keadaan Dinding yang Berbeda

Pembuluh arteri mempunyai keadaan dinding yang berbeda dengan pembuluh vena. Untuk pembuluh arteri mempunyai dinding pembuluh darah yang tebal. Karena tebal tersebut maka sudah niscaya pembuluh arteri itu kuat. Tugas pembuluh arteri tersebut terbilang berat sehingga kuat. Sedangkan pada pembuluh vena mempunyai dinding pembuluh darah yang tipis.

Contoh perbedaan pembuluh arteri dan pembuluh vena ialah pada pembuluh arteri yang mempunyai keadaan dinding yang tebal menciptakan sifat pembuluh arteri tersebut elastis. Sedangkan pada pembuluh vena dengan keadaan dinding yang tipis menciptakan sifat pembuluh vena tersebut tidak elastis.

2.3. Jalur Aliran Darah yang Berbeda

Pembuluh arteri dan pembuluh vena walaupun mempunyai kiprah yang sama namun ternyata mempunyai jalur peredaran yang berbeda. Untuk pembuluh arteri mempunyai pedoman darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh. Sedangkan untuk pembuluh darah vena mempunyai pedoman darah dari seluruh badan menuju ke jantung.

Contoh perbedaan pembuluh arteri dan pembuluh vena ialah pada pembuluh arteri bertugas membawa pedoman oksigen yang ada pada darah menuju bilik jantung. Sedangkan pada pembuluh vena bertugas membawa pedoman oksigen yang ada pada darah menuju serambi jantung. Pada jantung terjadi proses pertukaran kadar oksigen yang akan diedarkan ke seluruh badan maupun untuk jantung itu sendiri.

2.4. Detak Denyut yang Berbeda

Pembuluh arteri dan pembuluh vena mempunyai detak denyut yang terasa berbeda. Untuk pembuluh arteri mempunyai denyut yang terasa. Denyut darah yang terasa pada pembuluh arteri juga menjadi mengambarkan irama detak pada jantung makhluk hidup. Sedangkan untuk pembuluh vena mempunyai denyut yang tidak terasa.

Contoh perbedaan pembuluh arteri dan pembuluh vena ialah pada pembuluh arteri sanggup dirasakan dengan cara menekan pada penggalan badan tertentu. Seperti pada pergelangan tangan atau pada penggalan belakang bawah pendengaran agak bersahabat tepi bawah daun telinga, maka denyut akan terasa. Sedangkan pada pembuluh vena yang walaupun terlihat pada penggalan permukaan kulit, namun dikala dipegang tidak akan terasa berdenyut.

2.5. Tekanan Darah yang Berbeda

Pembuluh arteri dan pembuluh vena akan bertugas dengan tekanan darah yang berbeda. Pembuluh arteri mempunyai tekanan darah yang tinggi. Sedangkan tekanan darah untuk pembuluh vena hanya rendah. Tekanan darah baik pembuluh arteri maupun pembuluh vena harus dikontrol dengan baik. Perbedaan tekanan darah tersebut harus berjalan dengan seimbang. Dalam arti, untuk tekanan yang tinggi maka jangan terlalu tinggi dan untuk yang rendah maka jangan terlalu rendah.

Contoh perbedaan pembuluh arteri dan pembuluh vena ialah pada pembuluh arteri dengan tekanan darah yang tinggi menyebabkan dikala terdapat luka yang tergores pada penggalan pembuluh arteri, maka darah akan terlihat memancar keluar. Sedangkan pada pembuluh vena dengan tekanan darah yang rendah menyebabkan dikala terdapat luka yang tergores pada penggalan pembuluh vena, maka darah hanya akan terlihat menetes saja.

2.6. Jumlah Katup yang Berbeda

Pembuluh arteri dan pembuluh vena mempunyai jumlah katup yang juga berbeda. Untuk pembuluh arteri mempunyai jumlah katup hanya satu buah saja. Sedangkan untuk pembuluh vena mempunyai jumlah katup yang lebih banyak dibandingkan pembuluh arteri. Jumlah katup pembuluh vena sangat banyak.

Contoh perbedaan pembuluh arteri dan pembuluh vena ialah pada pembuluh arteri yang hanya satu terletak bersahabat pada organ jantung. Sedangkan pada pembuluh vena dengan jumlah katup yang banyak dan tersebar secara merata di seluruh tubuh.

Baik pembuluh arteri maupun pembuluh vena sama-sama mempunyai peranan yang penting. Walaupun terdapat persamaan yang hanya sedikit dan perbedaan yang lebih banyak bukan masalah. perbedaan antara kedua pembuluh darah tersebut lebih menunjukkan kiprah masing-masing pembuluh arteri dan pembuluh vena yang lebih fokus. Pembuluh arteri lebih fokus mengarah pada penggalan bilik jantung sedangkan pembuluh vena lebih fokus mengarah pada serambi jantung.

Semoga artikel mengenai Persamaan dan Perbedaan Pembuluh Arteri dan Vena menambah wawasan kita. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

0 Response to "Pintar Pelajaran Persamaan Dan Perbedaan Pembuluh Arteri Dan Vena, Pengertian, Fungsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel