Pintar Pelajaran Model Dan Kelemahan Teori Atom Dalton Pengertian, Contoh, Gambar, Kimia

Model dan Kelemahan Teori Atom Dalton Pengertian, Contoh, Gambar, Kimia - Teori Atom Dalton Berdasarkan pemikiran bahwa konsep atom Democritus sesuai dengan Hukum Kekekalan Massa (berbunyi: massa zat sebelum dan setelah reaksi sama) dan Hukum Perbandingan Tetap (berbunyi: perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa ialah tetap dan tertentu), maka John Dalton tahun 1803 merumuskan 5 teori atom sebagai berikut.

a. Materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yang disebut atom.
b. Atom-atom penyusun unsur bersifat identik (sama dan sejenis).
c. Atom suatu unsur tidak sanggup diubah menjadi atom unsur lain.
d. Senyawa tersusun atas 2 jenis atom atau lebih dengan perbandingan tetap dan tertentu.
e. Pada reaksi kimia terjadi penataulangan atom-atom yang bereaksi. Reaksi kimia terjadi alasannya pemisahan atom-atom dalam senyawa untuk lalu bergabung kembali membentuk senyawa baru.

 Teori Atom Dalton Berdasarkan pemikiran bahwa konsep atom Democritus sesuai dengan Hukum  Pintar Pelajaran Model dan Kelemahan Teori Atom Dalton Pengertian, Contoh, Gambar, Kimia
Variasi atom dan molekul model Dalton. [1]
Kelebihan Teori Atom Dalton : [2]
  1. Dapat menandakan Hukum Kekekalan Massa (Hukum Lavoisier).
  2. Dapat menandakan Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust).
Kelemahan Teori Atom Dalton

Dalam perkembangannya tidak semua teori atom Dalton benar, alasannya pada tahun 1897 J.J.Thomson menemukan partikel bermuatan listrik negatif yang lalu disebut elektron. Tahun 1886 Eugene Goldstein menemukan partikel bermuatan listrik positif yang lalu disebut proton. Dan tahun 1932 James Chadwick berhasil menemukan neutron.

Salah satu hipotesis Dalton ialah reaksi kimia sanggup terjadi alasannya penggabungan atom-atom atau pemisahan adonan atom. Misalnya, logam natrium bersifat netral dan reaktif dengan air dan sanggup menjadikan ledakan. Jika logam natrium direaksikan dengan gas klorin yang bersifat racun dan berbau merangsang, maka akan dihasilkan NaCl yang tidak reaktif terhadap air, tidak beracun, dan tidak berbau merangsang ibarat logam natrium dan gas klorin.

Karena ada banyak hal yang tidak sanggup diterangkan oleh teori atom Dalton, maka para ilmuwan terdorong untuk melaksanakan penyelidikan lebih lanjut perihal diam-diam atom.

Intinya :

Model atom Dalton memiliki beberapa kelemahan [3]. Beberapa kelemahan itu diantaranya :

a. Tidak sanggup menjelaskan sifat listrik bahan atom.
b. Tidak sanggup menjelaskan gaya gabung unsur-unsur. Misalnya, mengapa dalam pembentukan air (H2O) satu atom oksigen mengikat dua atom hidrogen.
c. Pada kenyataannya atom sanggup dibagi lagi menjadi partikel yang lebih kecil yang disebut partikel subatomik. [2]

Tokoh Fisika :
John Dalton 
(1766–1844)
 Teori Atom Dalton Berdasarkan pemikiran bahwa konsep atom Democritus sesuai dengan Hukum  Pintar Pelajaran Model dan Kelemahan Teori Atom Dalton Pengertian, Contoh, Gambar, Kimia
John Dalton. [1]
John Dalton (1766–1844) asal Inggris disebut juga sebagai "manusia atom". Dia memercayai bahwa setiap unsur terbentuk dari atomatom dengan ukuran tertentu. Meskipun menerima cemoohan dari banyak orang, Dalton tetap melanjutkan penelitiannya. Dalton memeroleh massa atom dengan cara membandingkan massa unsur-unsur dari referensi yang berbeda dan senyawa yang berbeda.

Anda kini sudah mengetahui Teori Atom Dalton dan Model Atom Dalton. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Harnanto, A. dan Ruminten. 2009. Kimia 1 : untuk SMA/MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 194.

Referensi Lainnya :

[1] http://en.wikipedia.org/wiki/John_Dalton

[2] Rahayu, I. 2009. Mudah Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p 210.

[3] Permana, I. 2009. Memahami Kimia 1 : SMA/MA untuk Kelas Semester 1 dan 2. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 175.

0 Response to "Pintar Pelajaran Model Dan Kelemahan Teori Atom Dalton Pengertian, Contoh, Gambar, Kimia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel